Bukan Direbus, Sayuran Lebih Sehat Dimasak Seperti Ini

Bukan Direbus, Sayuran Lebih Sehat Dimasak Seperti Ini

Theresia Karo Karo Official Writer
3470

Selama ini sebagian besar kita beranggapan bahwa sayur direbus lebih sehat ketimbang ditumis. Namun penelitian terbaru menemukan hal berbeda. Para ilmuwan Spanyol menyatakan bahwa cara sehat dalam memasak sayuran adalah dengan ditumis dengan menggunakan sedikit minyak zaitun.

Cristina Samaniego Sanchez dari Universitas Granada, Spanyol menjelaskan bahwa zaitun mampu meningkatkan antioksidan dan phenolic yang ada dalam sayuran. Manfaat lainnya bahkan bisa untuk mencegah penyakit kronik, seperti kanker, diabetes, dan degenerasi makular.

"Minyak zaitun meningkatkan kadar komponen phenolic pada sayuran dan berlaku sebaliknya jika kita merebusnya. Karena itu lebih baik sayuran ditumis,” terang Cristina.

Para peneliti melakukan tiga metode memasak, yakni menggoreng, merebus, dan  menumis dengan kombinasi air dan minyak zaitun. Setelah melewati serangkaian pemeriksaan laboratorium terbukti bahwa menumis dengan minyak zaitun dianggap paling banyak meningkatkan kadar antioksidan.

Meski begitu, hasil lainnya merujuk pada peningkatan jumlah kalori pada makanan. “Minyak zaitun murni yang dipakai akan mentransfer phenol ke sayuran”, tutupnya. Oleh sebab itu, tidak disarankan menggunakan minyak zaitun dalam jumlah besar.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Kompas/Jawaban.com | Theresia Karo Karo
Halaman :
1

Ikuti Kami