Ilustrasi Tiga Model Manusia
Sumber: Openforum.com

Kata Alkitab / 25 January 2016

Kalangan Sendiri

Ilustrasi Tiga Model Manusia

Theresia Karo Karo Official Writer
4047

Seorang guru seni menempatkan tiga manekin dan gulungan kawat lentur di atas meja. Saat murid-muridnya datang, dia meminta mereka untuk memeriksa manekin tersebut. Dia juga meminta mereka untuk mengidentifikasi sifat manusia terbaik dari tiga manekin tersebut.

Sekian lama mengamati, salah satu dari mereka menemukan bahwa beberapa lubang di telinga dan mulut masing-masing model. Melihat kawat lentur, dia kemudian mencoba memasukkan kawat tersebut ke setiap telinga dari tiga manekin tadi.

Para murid mempelajari model manusia itu untuk waktu yang lama. Salah satu dari mereka menemukan bahwa ada lubang di telinga dan mulut di setiap model. Ia memasukkan kawat lentur ke setiap telinga dari tiga model itu. Lalu, mereka memberikan hasil pengamatan yang berbeda dari ketiga manekin.

Pada manekin pertama, kawat dimasukkan ke salah satu telinga dan keluar dari telinga lainnya. Berarti manekin pertama mewakili manusia yang acuh tak acuh. Dia memang mendengar banyak hal, namun tidak ada yang tersimpan dalam pikirannya. Kata-kata orang lain hanya numpang lewat, masuk dari telinga kiri dan keluar dari telinga kanan. Dia juga tidak memberikan masukan kepada orang lain.

Sementara manekin kedua, kawat dimasukkan ke telinga namun keluar lewat mulut. Menggambarkan orang yang ‘latah’ berbicara dan tidak bisa menahan diri dari apapun. Saat berbicara, dia tidak peduli dengan dampak yang ditimbulkan apakah akan berakhir dalam kesulitan atau tidak. Tipe ini mungkin berbicara buruk tentang orang lain, bahkan bisa menyebar gosip tanpa menghiraukan kebenarannya. Minus kontrol yang bijaksana dan cerdas, orang dengan model ini jelas bisa memicu permusuhan dan merusak reputasi orang di lingkungannya. Kata-kata yang keluar dari mulutnya layaknya pedang yang membuat luka di hati orang lain.

Untuk model yang ketiga, hal yang berbeda juga terjadi. Setelah kawat dimasukkan melalui telinganya, ternyata kawat tidak menemukan lubang keluar dan hanya sangkut di dalam kepala. Individu model ini adalah yang mengumpulkan informasi dari sekitarnya, namun tetap cerdas menganalisis situasi. Dia hanya akan berbicara pada hal yang penting dan benar. Dia juga tidak akan mengeluarkan kata-kata yang menyakiti orang lain. Banyak orang yang senang dengannya karena sifatnya sebagai pembawa damai. Selain itu, dia juga bisa membantu orang lain dengan kata-katanya yang bijaksana tanpa menyakiti perasaan mereka.

Mendengar penafsiran Sang murid, gurunya benar-benar terkesan. Hal sama juga dialami oleh teman-temannya yang mendengarkan penjelasannya. Tiga manekin tadi, mewakili tiga model manusia dalam kehidupan kita. Coba perhatikan, apakah kita termasuk salah satu dari ketiganya?

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Intisari-online/Jawaban.com | Theresia Karo Karo
Halaman :
1

Ikuti Kami