Suka Wisata Sembari Belajar? Jajal 5 Perpustakaan Terbaik Dunia Ini

Suka Wisata Sembari Belajar? Jajal 5 Perpustakaan Terbaik Dunia Ini

Lori Official Writer
2489

Ingin mencoba wisata anti-mainstream yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya? Wisata Perpustakaan mungkin bisa jadi pilihan kamu di tahun 2016 ini. Meskipun tak kalah kerennya dengan perpustakaan di tanah air, kamu bisa sekali-kali berwisata ke 5 perpustakaan terbaik dunia ini.  

1. Perpustakaan Umum Stockholm, Swedia

Perpustakaan umum Stockholm menyimpan jutaan buku dan literatur yang tak bakal habis-habisnya memanjakan para penikmat buku dan ilmu pengetahuan. Dengan bangunan bergaya Scandinavia, langit-langit perpustakaan ini dibentuk seperti awan. Adapun perancang perpustakaan ini adalah Gunnar Asplund, yang dikenal lewat karya arsitekturnya untuk Skandinavia Cinema dan UNESCO World Heritage.

2. Perpustakaan Pusat Richard J. Riordan, California

Ini adalah perpustakaan yang menerapkan teknologi digital yang akan memanjakan pengunjung. Uniknya, pengunjung juga bisa melihat stensil dekoratif yang menggambarkan peristiwa sejarah California. Tentu saja keunikan ini mengubah perpustakaan pusat Richard J Riordan juga diberdayakan sebagai objek wisata buku yang populer di Los Angeles.

3. Perpustakaan South Australia, Adelaide

Bangunan dengan dominasi kaca ini tampak sangat mewah dan modern sedang arsitektur bagian dalamnya dirancang seperti set di dalam film Harry Potter. Di dalamnya pengunjung bisa menemukan beragam buku sejarah Australia dan juga buku-buku lainnya. Wajar saja bila perpustakaan South Australia ini menjadi pusat studi terbesar di Australia karena banyak dikunjungi para pecinta buku.

4. Perpustakaan dan Pusat Kultur Vennesla, Norwegia

Perpustakaan Vennesla terletak di dekat ujung selatan Norwegia. Terdapat ratusan ribu buku yang memenuhi isi perpustakaan berbentuk ikan paus ini. Uniknya, tempat ini tak hanya dijadikan sebagai tempat membaca karena pengunjung bisa bersantai di kedai kopi, ruang pertemuan terbuka, kelas-kelas umum untuk kursus pendidikan serta bioskop. Dengan kekayaan ilmu pengetahuan di dalamnya, perpustakaan ini telah dijadikan sebagai pusat kebudayaan kota.

5. Perpustakaan Biara Strahov, Praha, Republik Ceko

Perpustakaan biara The Strahov ditemukan pada tahun 1143 di kota Praha, Republik Ceko. Perpustakaan ini menjadi salah satu peninggalan bersejarah karena masih tetap berdiri teguh di tengah perang, kebakaran dan bencana yang terjadi di negara ini pada tahun 1679. Saat memasuki bagian dalam, pengunjung akan dimanjakan dengan ukiran-ukiran nan indah di bagian atas bangunan. Lukisan-lukisan itu mengisahkan tentang kisah-kisah yang tertulis dalam Alkitab. Tak hanya itu, bagian rak-rak buku perpustakaan menggunakan sistem ‘roda kompilasi’ yang dapat diputar untuk membantu pengunjung menemukan buku yang dicari.

Jika kamu adalah sosok yang berjiwa petualang dan gemar mengadakan perjalanan yang tak biasa, kamu bisa mengunjungi perpustakaan-perpustakaan di atas.

Sumber : Liputan6.com/jawaban.com/ls

Ikuti Kami