Aneh, Gereja Spanyol Gelar Pemberkatan Hewan Peliharaan?
Sumber: www.nydailynews.com

Internasional / 20 January 2016

Kalangan Sendiri

Aneh, Gereja Spanyol Gelar Pemberkatan Hewan Peliharaan?

Lori Official Writer
3897

Jika pada umumnya gereja di seluruh dunia hanya melegalkan pemberkatan jemaat dan saat pernikahan, berbeda halnya dengan peraturan gereja Spanyol yang turut memberkati hewan-hewan peliharaan para jemaatnya. Bagi Anda yang baru mendengarkan ini, pasti merasakan hal ini terbilang aneh bukan?

Namun sebelum beragumen, mari mencoba mencari tahu asal muasal pelaksanaan pemberaktan hewan peliharaan ini.

Asal Mula Pemberkatan Hewan Peliharaan

Pemberkatan hewan peliharaan ini sudah ada sejak abad ke-19 di Madrid, Kepulauan Balearic dan Burgos. Acara ini lebih dikenal semacam festival Hari San Anthony yang digelar setiap tahunnya sebagai bentuk peringatan akan sosok San Anthony yang dikenal sebagai santo pelindung binatang. Pusat perayaan ini digelar di Gereja San Anton di pusat kota Madrid, Spanyol.

Prosesi Pemberkatan Hewan Peliharaan

Dalam setiap perayaan Hari Santo Anthony, ratusan pemilik hewan peliharaan seperti anjing, kucing, hamster dan bahkan babi. Mereka berbondong-bondong memasuki kawasan Gereja San Anton dan mengantri untuk menunggu seorang imam berdiri di pintu masuk gedung untuk memercikkan air suci pada hewan peliharaan mereka.

“Tuhan lindungilah binatang ini seperti San Antonio melindungi mereka dari penyakit,” ucap imam saat memercikkan air suci kepada setiap hewan peliharaan.

Setelah melewati prosesi percikan air suci, semua hewan peliharaan di arahkan untuk melakukan ‘berjalan Santo’ di beberapa jalan di wilayah Madrid.

Kepercayaan Warga Madrid

Seorang pemilik anjing Chihuahua Lula, Francisco Javier CArvajal Aceves yang mengikuti prosesi yang digelar pada Senin, 17 Januari 2016 kemarin, percaya bahwa pemberkatan ini berguna untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan bagi hewan peliharaan dan juga pemiliknya.

Warga Spanyol berpandangan bahwa binatang serupa dengan sahabat atau teman, mereka bisa memberikan kesenangan dan kebahagiaan kepada manusia. Sehingga para pemilik binatang menilai hewan peliharaannya begitu penting dan harus dirawat dengan baik, sama seperti Santo Anthony yang dikenal sebagai sosok yang baik terhadap binatang.

Gereja di tanah air mungkin merasa janggal dengan tradisi yang digelar gereja Spanyol ini. Namun, kita bisa memaklumi hal tersebut sebagai salah satu bentuk keunikan tradisi yang dimiliki gereja di belahan negara lain.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klikdi sini

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami