Jangkar Bernama Pengharapan
Sumber: Tempo.co

Kata Alkitab / 11 January 2016

Kalangan Sendiri

Jangkar Bernama Pengharapan

Lori Official Writer
16828

Ibrani 6: 19

Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir


Sebuah kapal yang berlayar di laut membutuhkan jangkar. Jangkar berguna untuk menahan dan menjaga keseimbangan kapal agar tahan terhadap gelombang atau ombak, tahan angin kencang sehingga kapal hanya berhenti tanpa ditahan oleh beberapa buah jangkar seandainya kapal hanya berhenti tanpa ditahan oleh beberapa buah jangkar ketika menurunkan penumpang. Itu akan sangat merepotkan dan bahkan berbahaya bagi orang yang turun naik.

Jangkar yang tidak berfungsi dengan baik tidak akan kuat menahan kapal untuk tetap berada di pelabuhan yang terombang ambing oleh ombak yang tinggi. Kondisi kapal yang bahkan tampak rusak membuat kapal kesulitan melawan gelombang yang menarik kapal kembali ke tengah. Pada akhirnya, kapal pun karam. Jadi, jelas bahwa fungsi jangkar, yang disebut juga dengan sauh, merupakan alat yang sangat vital bagi sebuah kapal.

Hidup diumpamakan ibarat sebuah kapal. Kita mengarungi laut kehidupan yang tidak selalu tenang. Akan ada riak, gelomban, angin kencang dan badai yang sewaktu-waktu menerpa. Seperti kapal, kita juga memerlukan jangkar untuk menahan kita dari terpaan ombang atau gelombang kehidupan. Adakah jangkar yang mampu menolong manusia seperti yang dimiliki kapal? Ya, Alkitab telah menuliskan hal itu dengan sangat jelas dalam IIbrani 6: 19, “Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dana man bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir, di mana Yesus telah masuk sebagai Perintis bagi kita, ketika Ia, menurut peraturan Melkisedek, menjadi Imam Besar sampai selama-lamanya”.

Kita punya pengharapan yang sangat kuat dan aman bagai jangkar di jiwa, sebuah jangkar yang tidak bisa bergeser dan rusak dalam kondisi apapun. Jangkar kuat dan aman bagi jiwa itu bernama pengharapan.

Pengharapan adalah sauh yang kuat dan aman ketika sauh itu ditambatkan hingga ke Ruang Mahasuci. Dimana Yesus menjadi Imam Besar untuk selamanya. Yesuslah batu yang kokoh, yang bisa menjadi tambatan kuat dan aman bagi sauh-sauh untuk berpegang, sehingga kapal kehidupan kita tetap kuat dan terjaga (baca Kolose 2: 6-7).Hanya di dalam Yesus Kristus lah kita bisa berpegang dengan kuat dan aman. Yesus adalah dasar kehidupan yang kokoh, dimana kita akan menemukan pengharapan yang bisa dijadikan tambatan kuat bagi jiwa kita (Yohanes 11: 25-26).

Kehidupan tak terlepas dengan tantangan dan tekanan yang akan memaksa kita menguras segenap kekuatan dan bisa saja mengubah haluan hidup kita sehingga tanpa sadar kita sudah menjauh dari kebenaran Firman. Arus globalisasi, modernisasi, segala hal yang diajarkan oleh paham dunia cepat atau lambat bisa membawa kita terseret arus dan terombang ambing tanpa arah. Firman Tuhan mengatakan dengan jelas bahwa Yesus memnjadi jaminan yang lebih kuat sdari apapun (Ibrani 7: 22). Dengan itu, jelas sekali bahwa kita bisa meletakkan pengharapan kita dalam Kristus. Ada jaminan yang kuat dari perjanjian di dalam Kristus, sehingga sauh atau jangkar pengharapan kita tetap aman di sana.

Sebaliknya, hidup tanpa pengharapan hanya akan membuat kita karam saat berusaha menahan badai kehidupan. Kita akan mudah kecewa dan menyerah dengan tantangan hidup. Oleh karenanya, ketika kita membuka diri untuk percaya kepada Kristus Yesus, kita akan kuat dalam berlayar mengarungi kehidupan.

Mungkin hari ini Anda sedang dalam situasi yang begitu kalut. Mungkin Anda tengah mengalami krisis dalam berbagai hal, tetapi jika Anda senantiasa memiliki pengharapan, Anda akan tetap kuat dan aman. Jadi, tambatkanlah pengharapan Anda dalam Yesus. 


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini

Sumber : Renunganharianonline.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami