Kapellbrücke, Sihir Wisatawan Agar Selalu kembali ke Swiss

Travel / 11 January 2016

Kalangan Sendiri

Kapellbrücke, Sihir Wisatawan Agar Selalu kembali ke Swiss

Lori Official Writer
5055

Kapellbrucke telah menyihir para wisatawan untuk selalu kembali ke Swiss, negeri yang dikenal sebagai penghasil madu dan susu. Salah satu keistimewaannya tentu saja jembatan kapel yang terletak dekat dengan kapel St. Peter di bantaran sungai Reuss, kota Lucerne, Swiss.

Titian jembatan dibuat dengan bahan kayu dan biasanya untuk para pejalan kaki. Kapellbrücke didirikan pada abad ke -14, dan pertama kali tercatat pada 1367, lalu dijadikan sebagai tembok pertahanan kota.

Di usianya yang sudah mencapai 700 tahun, jembatan ini mulai menyusut dimakan usia. Penyusutan terjadi ketika panjang jembatan didapati semakin berkurang, dari sebeumnya sekitar 200 meter 170 meter saja. Konstruksinya yang kuno dan angka dianggap menjadi pemikat jembatan tua ini karena tampak begitu antik dan satu-satunya jembatan tertua yang masih utuh di seluruh Eropa.

Sebelum petaka kebakaran yang terjadi 20  tahun silam, Kapellbrücke menyimpan keindahan lain yang begitu mempesona, yaitu di bagian bubungan atapnya terdapat 110 lukisan hasil karya Heinrich Wagman, seorang seniman   abad ke-17. Sayangnya, hanya 25 lukisan yang berhasil selamat dari jilatan di jago merah kala peristiwa itu.

Dari sekitar kompleks Kapellbrücke, tampak bangunan bersegi delapan setinggi 43 meter menjulang. Namanya Wasserturan, atau menara air – demikian sebutan warga setempat. Namun, bangunan itu dikatakan lebih menyerupai menara yang berdiri di aliran air Sungai Reuss. Bangunan itu ternyata adalah bekas penjara, ruang penyiksaan, hingga penyimpanan arsip kota pada abad ke-19.

Untuk bisa melihat keindahan lukisan-lukisan itu, pengunjung harus berkunjung tepat saat musim biasa saja karena akan ada masa ketika mereka menggelar karnaval bagi warga Lucerne. Sebab saat karnaval, lukisan akan digantikan dengan lukisan karya warga Lucerne sendiri.

Jembatan tua miliki negeri termujur di antara negeri-negeri Eropa ini adalah hasil dari bukti sejarah bagaimana negara ini dibangun sejak dari begitu kecil. Jelas sekali bahwa Swiss adalah salah satu negara yang paling melestarikan beragam sejarah bangsanya sebab negara ini adalah negara yang tercatat tidak terusik dengan gejolak yang terjadi di negara belahan manapun, bahkan saat gejolak Perang Dunia I & II terjadi. Negara ini tidak pernah disentuh oleh pejajahan dan penghancuran peradaban negara oleh bangsa lain. Kapellbrücke adalah salah satu saksi yang telah ada sejak negeri termujur se-Eropa ini.

Sumber : National Geographic/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami