Mengapa Kita Harus Memuji Tuhan?

Mengapa Kita Harus Memuji Tuhan?

Lori Official Writer
20722
Efesus 5: 20-21
Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.


Memuji Tuhan bukanlah cara ritual keagamaan, tetapi sebagai ungkapan syukur orang percaya karena Kristus telah berkorban untuk kita orang berdosa (Efesus 5). Dalam memuji Tuhan tidaklah ditentukan harus dengan jenis lagu rohani tertentu, misalnya hymn atau kontemporer. Karena sebenarnya kita juga dapat memuji Tuhan dengan cara bermazmur. Dengan kata lain, mazmur, hymne, kontemporer adalah jenis lagu rohani yang dapat digunakan sebagai media untuk memuji Tuhan.
Pada dasarnya, kita memuji Tuhan karena kita telah menjadi anak-anak terang di dalam Kristus. Kristus telah berkorban untuk kita orang berdosa, Ia adalah pencipta segala sesuatu dan sudah ada sebelum segala sesuatu diciptakan dan di dalam Dialah segala sesuatu itu (Kolose 1: 16-17). Rasul Paulus mengingatkan kepada jemaat di Efesus kehidupan mereka sebelum di dalam Kristus yaitu dikuasai nafsu kedagingan, tidaklah mungkin mereka berkenan memuji Tuhan dalam keadaan seperti itu. Itu sebabnya jemaat Efesus dinasehatkan untuk berbalik kepada Tuhan supaya mereka beroleh Roh Allah, yaitu hidup yang dikuasai Kristus dan menjadi milik kepunyaan Kristus sendiri.
Bagaimana kita memuji Tuhan? Ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat memuji Tuhan, yaitu:
-    Memuji Tuhan dengan segenap hati
-    Senantiasa mengucap syukur
-    Saling merendahkan diri di dalam takut akan Kristus
Apa yang dimaksudkan Rasul Paulus dengan bermazmur, kidung pujian dan nyanyian rohani seperti tertulis dalam Efesus 5: 19?
Untuk mengetahuinya, kita perlu menginterpretasikan definisi masing-masing secara jelas.
• Mazmur (mizmor/Ibrani; psalmos/Yunani; psalm/Inggris) adalah iringan musik yang menyertai nyanyian, syair yang dinyanyikan dan umumnya diiringi dengan musik. Mazmur merupakan suatu nyanyian atau syair pujian yang dilantunkan para nabi yang digunakan dalam ibadah di Bait Suci di Yerusalem atau pada upacara kerajaan Israel Kuno. Sejarah Mazmur yang pertama terdapat dalam 1 Samuel 2: 1-10, yaitu dalam kisah perempuan mandul bernama Hana.
Mazmur juga diartikan sebagai kidung puji-pujian (humnos/Yun; Hymn/Ing) yaitu merayakan, memperingati yang dipersembahkan kepada Allah, dewa, pahlawan, atau orang-orang besar. Sedang pengertian lainnya disebut dengan nyanyian rohani (pneumatikos ode/Yunani; spiritual song/Inggris) yang artinya bernyanyi, bersenandung, namun dapat disertai musik atau tanpa musik.
• Kidung pujian itu berawal dari Mazmur. Sebagai contoh dalam Matius 26: 30 yaitu Kidung puji-pujian atau hymn/nyanyian pujian yang dinaikkan Yesus bersama murid-murid-Nya, sebenarnya adalah bagian dari kitab Mazmur 113-118 yang disebut Hallel, artinya pujilah Tuhan. Gereja yang berbahasa Yunani sejak seula telah mengenal nyanyian yang disebut Hymne yaitu Kidung pujian dari kebudayaan Yunani. Rasul Paulus sudah menganjurkan untuk menaikkan mazmur sebelum kidung pujian dan nyanyian rohani, tetapi gereja lambat laun cenderung mengutamakan nyanyian hymne daripada Mazmur yang dianggap lebih mencerminkan ibadah umat Yahudi.
• Kontemporer dalam kamus diartikan sebagai sezaman, orang yang hidup dalam waktu atau periode tertentu yang sama. Tidak salah jika nyanyian rohani yang diciptakan tahun 2000-an adalah jenis lagu kontemporer, karena memang kita hidup pada zaman ini. Tetapi lagu hymne pun adalah jenis kontemporer bagi mereka yang hidup di zaman tersebut.
Dengan ini, setiap orang Kristen harusnya sudah memahami alasan mengapa kita harus memuji Tuhan, dan yang lebih penting mengetahui jawaban dari pertanyaan mengapa orang Kristen harus memuji Tuhan lewat nyanyian.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Gkketapang.org/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami