42: Penolakan Bukan Alasan untuk Berhenti Berjuang

42: Penolakan Bukan Alasan untuk Berhenti Berjuang

Theresia Karo Karo Official Writer
3621

Pemain baseball legendaris berkulit hitam, Jack Roosevelt Robinson atau Jackie Robinson adalah orang Afrika-Amerika pertama yang bermain di Major League Baseball tahun 1947. Perjalanan karirnya menjadi pemain professional dibayangi oleh rasisme warna kulit yang sangat ‘kental’.

Film berjudul '42' ini membawa kita pada masa kelam Amerika Serikat yang sempat memberlakukan peraturan tidak tertulis yang membedakan individu dari warna kulit. Mulai dari pemisahan restoran, pengelompokan olahraga, bahkan pemakaian toilet. Jackie Robinson juga tidak terluput dari pahitnya pengalaman rasisme ini.

Munculnya Jackie sebagai pemain profesional yang bergabung dengan olahragawan kulit putih perlahan menghancurkan dinding pembatas antara orang berkulit hitam dan putih. Ide ini bersumber dari Branch Rickey yang merupakan pemilik klub baseball Brooklyn Dodgers. Bukan hanya ingin klub baseball-nya bisa melaju ke World Series, dia juga berharap seluruh masyarakat bisa menikmati olahraga tanpa perbedaan.

Gagasannya ini tentu saja menuai kontroversi. Banyak yang menolak ide Rickey hingga mencemoohnya. Sedangkan Jackie yang debut bersama Montreal Royals mendapat penolakan dari penonton dan tim lawan. Meski begitu, dia berhasil membuktikan kemampuannya dan masuk menjadi anggota tim Dodgers.

Perjuangannya belum berhenti, berbagai penolakan masih sering diterimanya, bahkan oleh tim-nya sendiri. Walau di bawah tekanan, Jackie yang bernomor punggung 42 berhasil bertahan dan memenangkan hati rekan-rekannya. Dia pula yang membawa Dodgers ke World Series pada tahun 1955 dan masuk dalam daftar National Baseball Hall of Fame pada 1962.

Hingga saat ini, namanya masih dihormati. Setiap tahun, semua pemain Major League Baseball memakai seragam dengan nomor punggung 42 untuk memperingati pencapaian Jackie Robinson sebagai pemain legendaris Amerika.

Menghadapi penolakan bahkan hingga direndahkan di lingkungan baru memang bukan hal yang mudah. Emosi dan kemarahan sudah pasti, namun mimpi besarnya berhasil membawanya keluar dari ujian mental tersebut.

Film yang mengangkat kisah nyata memang memiliki daya tarik tersendiri. Dari mereka yang berjuang dalam mewujudkan impiannya, kita bisa mengambil nilai-nilai positif yang semakin menguatkan kita. Semua orang tentu memiliki kesusahan yang berbeda-beda, namun selama kita bertahan dan tetap maju, kesuksesan bukan hal yang mustahil.


42

Sutradara: Brian Helgeland

Produser: Thomas Tull

Genre: American biographical sports film

Pemain: Chadwick Boseman, Harrison Ford, Nicole Beharie, Christopher Meloni, Andre Holland, Lucas Black, Hamish Linklater, Ryan Merriman

Produksi: Legendary Pictures

Rilis: 12 April 2013

Durasi: 128 menit

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Berbagai Sumber | Theresia Karo Karo

Ikuti Kami