Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
2064


Traveling bukan melulu bicara soal memuaskan keinginan sendiri dengan menikmati tempat-tempat baru dengan sejuta pesonanya. Tetapi aktivitas traveling juga harusnya dimaknai sebagai perjalanan menarik yang bisa dijadikan sebagai media pembelajaran karakter, budaya dan wisata. Nah, jika tahun lalu Anda masih melakukan traveling tak ubah seperti apa yang dilakukan pecinta traveling pada umumnya, maka tahun 2016 Anda patut memikirkan resolusi ini.

#1 Traveler yang taat aturan

Berlibur tidak hanya bicara soal memenuhi keinginan sendiri tanpa aturan. Namun, sebagai pecinta travel penting sekali membekali diri dengan karakter yang baik. Begitu juga dengan pemahaman akan tempat liburan yang dituju. Seperti mengetahui peraturan yang berlaku di tempat wisata diantaranya larangan mandi di laut yang berombak besar, menginjak-injak bunga dan rumput di taman, bicara tidak sopan di sekitar objek wisata tertentu, dan lain sebagainya.  Jangan sampai sikap dan tindakan Anda menimbulkan pandangan buruk kepada Anda sebagai wisatawan.

#2 Mencintai Keindahan Alam

Tak dimungkiri, komunitas pecinta alam telah tumbuh subur di kalangan anak muda. Namun banyak juga diantaranya yang hanya bermodalkan ikut-ikutan saja. Tanpa memahami makna menjadi seorang pecinta alam. Tak sedikit yang justru terlibat dalam pengrusakan lingkungan, seperti merusak terumbu karang saat snorkeling, meninggalkan coretan di bebatuan saat naik gunung atau memetik sejumlah besar tanaman yang sengaja dilestarikan di alam, dan yang lebih parahnya membuang dan meninggalkan sampah di lokasi wisata sembarangan. Jika Anda menilai diri sebagai pecinta alam sejati, sudah waktunya mengubah paradigma dan menjadikan traveler yang peduli dengan alam sekitar.

#3 Terbuka terhadap budaya masyarakat sekitar

Dengan traveling, Anda bisa semakin memperluas pandangan dan wawasan akan berbagai hal. Di tahun 2016 ini, cobalah untuk mulai terbuka dengan budaya dan nilai-nilai penting yang ada di sekitar Anda saat traveling. Jangan abaikan pengetahuan yang sesungguhnya bisa Anda petik dari orang-orang yang Anda temui di tempat tujuan wisata karena hanya berfokus pada kesenangan diri sendiri. Sebaliknya, belajarlah berbaur dengan mereka. Berkomunikasi dengan masyarakat lokal juga ternyata bisa membangun karakter diri menjadi lebih mandiri dan percaya diri loh!

#4 Tidak bertingkah berlebihan dengan gadget

Traveling dan gadget adalah dua elemen yang tak terpisahkan. Tanpa disadari, gadget akhirnya merampas perhatian Anda sepenuhnya dari keindahan dunia nyata. Hingga muncul julukan negatif bagi mereka yang mengaku hobi traveling sebagai wisatawan alay. Jika tak ingin disebut demikian, maka pergunakanlah waktu liburan Anda sepanjang tahun 2016 ini secara maksimal. Tahan diri dari penggunaan gadget berlebihan, dan mulailah membebaskan diri menikmati keindahan alam dengan mata kepala bukan dengan mata kamera saja. Bukan berarti tidak bisa mempublikasikan momen berkesan, tetapi ambillah foto seperlunya.

#5 Mulai berkontribusi untuk wisata

Ini mungkin bisa menjadi ide berguna untuk resolusi traveling Anda di tahun 2016. Adalah wajar bukan jika Anda memberi kontribusi yang sepadan dengan keindahan alam yang sudah Anda nikmati. Misalnya, mengajak wisatawan lain menjaga kebersihan objek wisata atau mempromosikan wisata kepada orang lain melalui postingan-postingan positif di media sosial. Dengan aksi ini Anda sudah berkontribusi secara langsung dalam melestarikan keindahan alam loh!

Sumber : jawaban.com/ls

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kesita 6 December 2019 - 09:12:14

mengapa ester dipakai tuhan

0 Answer

Merry Novianty 6 December 2019 - 08:04:01

terlilit hutang rentenir

0 Answer

Wahyu hlw 6 December 2019 - 00:19:01

Mengapa Musa tidak memasuki tanah kanaan

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

advertise with us