Respon Ketika Saudara Kita Jatuh Dalam Dosa

Respon Ketika Saudara Kita Jatuh Dalam Dosa

Puji Astuti Official Writer
      4101
Show English Version

Galatia 6:1

Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.

Bacaan Alkitab Setahun [kitab]Mazmu145[/kitab] ; [kitab]Yohan5[/kitab] ; [kitab]IISam17-18[/kitab]

Tuhan tidak ingin seorangpun anak-anak-Nya yang hidup terisolasi, atau terpisah dari Tubuh Kristus. Orang percaya seharusnya berfungsi seperti keluarga yang penuh kasih yang peduli satu sama lain. Salah satu tanggung jawab kita sebagai anggota keluarga Allah adalah untuk menolong saudara atau saudari kita yang terjatuh. Paulus secara khusus mengingatkan, "kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut."

Menjadi "rohani" bukan berarti masuk dalam kelompok pemimpin elit di gereja; namun hal tersebut ditujukan kepada setiap orang Kristen yang hidup dikendalikan oleh Roh Kudus. Kuncinya adalah sikap hati kita yang mau menolong sesama umat Tuhan, untuk melakukannya kita harus memiliki beberapa sikap hati :

1. Sikap lemah lembuh : untuk menolong mereka yang jatuh Anda tidak boleh menghakimi atau bersikap kasar. Tujuan kita bukanlah membuat mereka merasa bersalah dan semakin terluka, sebaliknya yaitu untuk menunjukkan anugrah dan pengampunan yang dari Tuhan, untuk itulah kita harus lemah lembut.

2. Kerendahan hati : Untuk menolong orang yang terluka, Anda tidak bisa bersikap seolah-olah Anda lebih baik dari mereka atau bersikap menggurui. Namun rendahkan hati kita, dengan menyadari bahwa kita pun memiliki kelemahan, dan bersedia membantu mereka dengan penuh kasih.

Saat orang lain jatuh sering kali kita tergoda untuk menghakimi atau bahkan mengolok-oloknya. Namun tidak kita sadari bahwa suatu saat kita bisa berada dalam posisi yang sama. Mari tunjukkan kedewasaan rohani dengan mengulurkan tangan pada mereka yang terjatuh.

Ikuti Kami