Tips Mencari Sumber Modal Usaha

Tips Mencari Sumber Modal Usaha

Theresia Karo Karo Official Writer
10004
Banyak dari anda yang mungkin memiliki ide untuk memulai usaha atau bisnis, tetapi seringkali terganjal masalah modal. Dalam memulai sebuah usaha, terdapat tiga bagian dari modal yakni, modal investasi, modal kerja, dan modal operasional.
Bila masih bingung mencari sumber modal dalam memulai usaha, berikut empat alternatif untuk mendapat modal:

Aset dan Tabungan Pribadi
Modal sama dengan fondasi awal dari sebuah usaha yang akan dibangun. Yang paling gampang adalah menggunakan tabungan atau menjual sebagian aset berharga yang dimiliki, misalnya perhiasan atau logam mulia. Demi memulai bisnis, dibutuhkan pengorbanan. Anggaplah anda kehilangan sedikit untuk mendapat keuntungan yang lebih besar.

Cari Dana Hibah Perusahaan
Biasanya perusahaan pemerintah dan swasta memiliki anggaran untuk membangun perekonomian masyarakat disekitar perusahaan maupun masyarakat umum. Anggaran ini biasanya berupa dana modal yang disalurkan lewat divisi CSR (Corporate Social Responsibilty).

Untuk itu rajinlah mencari informasi mengenai event competition yang diadakan perusahaan. Sehingga, yang perlu anda persiapkan adalah business plan yang menarik dan yang berpeluang prospek besar.

Mitra Bisnis
Jalin kerjasama dengan teman atau saudara yang memiliki minat yang sama. Dari rekan bisnis, selain modal anda juga dapat mencari rekan yang membantu operasional bisnis sehari-hari. Pilihan lainnya adalah mencari investor yang tertarik untuk menanamkan modal pada usaha anda. Pastikan kesepakatan dengan perjanjian tertulis agar kedua pihak sama-sama untung.

Pinjaman Modal Usaha

Permohonan pinjaman modal dapat dilakukan di Bank atau Koperasi. Hampir sama seperti dana hibah perusahaan, anda harus mempersiapkan profil usaha berupa proposal yang bertujuan menilai kelayakan bisnis.

Perbedaannya, pinjaman sama dengan berhutang sehingga ada ketentuan pengembalian pinjaman tersebut dalam jangka waktu tertentu yang disertai bunga pinjaman 8 hingga 10 persen per tahun.

Oleh sebab itu disarankan agar pilihan keempat menjadi opsi yang terakhir. Hal ini disebabkan adanya kewajiban membayar bunga dan cicilan pinjaman yang akan menjadi kendala bagi anda yang mulai membangun usaha. Persiapkan diri anda dan selamat mencoba!
 
Sumber : Ciputraentrepreneurship/Startupbisnis.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami