Lori

Official Writer
2660


Siapa yang tak suka jalan-jalan? Apalagi liburan Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata, pertanda sudah waktunya untuk kemas-kemas dan merencanakan liburan ke suatu tempat. Mungkin sebagian dari Anda memilih pulang kampung di pulau seberang atau di luar negeri. Apapun bentuk kegiatan yang Anda lakukan selama mengisi liburan, pastikan untuk mengisinya dengan hal-hal bermanfaat dan tak hanya sekadar liburan. Seperti beberapa kegiatan di bawah ini bisa Anda terapkan di sepanjang liburan Anda.

1. Pulang Kampung Sembari Liburan

Bagi para perantau, liburan tentu sangat dinantikan. Apalagi liburan panjang lebih dari satu minggu, tentu akan sangat menyenangkan sekali. Liburan akhir tahun dapat dimanfaatkan dengan pulang kampung untuk bertemu dengan keluarga, sanak saudara dan teman-teman lama. Banyak hal yang Anda mungkin dapatkan ketika berada di kampung halaman. Tak hanya sekadar meringkuk di rumah saya, manfaatkan liburan selama di sana melakukan hal-hal bermanfaat, seperti berbagi cerita panjang lebar dengan orang tua dan saudara, berkunjung ke rumah saudara yang jarang sekali dikunjungi keluarga, bernostalgia bersama sanak saudara atau tetangga atau malah mengadakan janji ketemu dengan teman-teman lama masa sekolah.

Kegiatan-kegiatan ini akan menambah pengalaman baru bagi Anda yang sudah lama berada di perantauan.

2. Liburan Sembari Menulis

Kabar baiknya, liburan tak melulu soal menghabiskan tabungan untuk sekadar menyegarkan pikiran dari penatnya kota. Meski wisata adalah kebutuhan, bukan berarti Anda hanya bisa menghabiskan banyak biaya untuk tujuan mendapatkan kesenangan. Berlibur ke suatu tempat juga bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan loh!

Salah satu caranya adalah jalan-jalan sembari menulis pengalaman liburan. Kebutuhan yang diperlukan pun cenderung sederhana, yaitu hanya alat tulis dan kamera. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan momen liburan akhir tahun untuk melakukannya. Tulislah cerita liburan Anda, bisa dari segi objek wisata secara menyeluruh, atau tentang kebudayaan unik yang ada di tempat wisata yang Anda kunjungi. Setelah selesai, Anda bisa mengirimkan hasil tulisan Anda ke berbagai media massa yang menerima cerita perjalanan. Anda pasti akan terpukau kagum ketika tulisan Anda dipublikasikan di salah satu media bukan? Tak hanya dapat liburan, Anda juga bisa dikenal publik melalui hobi pelesiran Anda.

3. Liburan Sembari Belajar Budaya

Traveling is not destination, traveling is the journey,” ucap model cantik Nadya Hutagalung. Ya, baginya menikmati liburan tak sekadar menikmati pesona yang disuguhkan destinasi wisata saja, tetapi juga proses perjalanannya.

Nadya menyarankan agar tak mudah puas menikmati satu tempat saja, tetapi hasil memiliki kemauan untuk menjelajah sisi-sisi lainnya. Berinteraksi dengan penduduk lokal adalah salah satu hal menarik yang patut dilakukan saat liburan. “Libatkan diri kira secara langsung dengan budaya lokal mulai dari makanan, bahasa dan tradisi,” ucapnya.

Selain itu, momen liburan juga bisa dimanfaatkan untuk menjajal kemampuan fotografi dan promosi pariwisata bukan?

4. Wisata Minat Khusus Untuk Menjajal Kemampuan

Wisata minat khusus, seperti naik gunung, adalah pilihan liburan pergantian tahun bagi banyak anak muda Indonesia. Wisata yang satu ini tentu lebih menantang andrenalin dan berisiko, tetapi banyak pula yang tergiur untuk menantang diri sendiri. Dengan wisata ini, Anda bisa menjajal kemampuan fisik dan meningkatkan kecintaan akan keindahan alam. Namun tetaplah berhati-hati, jangan memaksakan diri apabila kondisi fisik tidak memungkinkan, sebab risikonya tentu sangat besar. Jangan pula menjadikan kegiatan ini hanya sekadar pembuktian atau hanya sekadar modal ikut-ikutan saja ya!

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7238

advertise with us