Bagaimana Menjelaskan Sosok Sinterklas Pada Anak?
Sumber: Google

Parenting / 23 December 2015

Kalangan Sendiri

Bagaimana Menjelaskan Sosok Sinterklas Pada Anak?

Theresia Karo Karo Official Writer
5668
Sinterklas dikenal sebagai sosok yang suka memberikan hadiah kepada anak-anak, khususnya pada saat natal. Dalam bahasa lain juga dikenal dengan nama, Santa Klaus, Santa Nikolas, Santo Nick, Bapak natal, Kris Kringle, Santy atau Santa.

Padahal namanya tidak pernah disinggung dalam Alkitab. Akan tetapi tokoh ini akan selalu ada di hampir setiap kemeriahan perayaan Natal. Sehingga sering dianggap mengaburkan makna kelahiran Kristus sebenarnya.

Namun, apakah dengan berfokus pada makna Natal yang sebenarnya maka itu artinya tidak ada Sinterklas? Belum tentu. Anak-anak menyenangi Sinterklas dan semangat cinta serta memberi yang dimilikinya merupakan tambahan yang menyenangkan di saat Natal.

Kuncinya adalah memasukkan Sinterklas ke dalam perayaan Natal tanpa membuatnya memudarkan kelahiran Yesus. Beberapa cara untuk melakukan hal ini meliputi:

  1. Ceritakan kisah Santo Nicholas kepada anak-anak Anda, dimana legenda Sinterklas berawal dari dirinya.
  2. Bedakan hadiah dari Sinterklas dengan perayaan kelahiran Yesus. Ambil contoh dari budaya lain, dimana hadiah Sinterklas diberikan saat perayaan Santo Nicholas (6 Desember), Tahun Baru, atau saat Epifani (6 Januari).
  3. Jika Anda tidak ingin hadiah Sinterklas berjarak terlalu jauh dengan hari Natal itu sendiri, maka buatlah hal itu menjadi bagian dari perayaan Natal Anda. Misalnya saja, habiskan malam Natal untuk merayakan kelahiran Yesus dan izinkan anak-anak membuka hadiah dari Sinterklas pada pagi hari Natal. Atau pergi ke gereja pada hari Natal di pagi hari dan mengizinkan anak-anak membuka hadiah Natal pada sore hari.
Dengan menjadikan Kristus sebagai pusat perayaan Natal Anda dan meluangkan waktu untuk mengajarkan anak-anak Anda akan makna yang sebenarnya dari Natal, orang tua akan menetapkan landasan yang kokoh bagi iman mereka di tahun-tahun yang akan datang. Berikan anak-anak Anda hadiah Natal yang terbaik – menanamkan kehidupan yang berpusat pada Yesus.

Bersamaan dengan ini, segenap kru Jawaban.com mengucapkan selamat Natal dan selamat memberitakan kelahiran Kristus. Tuhan Yesus memberkati.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.
Sumber : Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami