Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Rere_karo

Official Writer
1421


Memiliki anak umur empat hingga enam tahun selalu menjadi salah satu pengalaman menarik para orang tua. Berbagai tingkah laku mereka yang menggemaskan kadang membuat kita tidak habis pikir dan penasaran dengan pemikiran mereka.

Untuk menjawab rasa penasaran Anda, beberapa hal berikut mungkin bisa membantu dalam memahami tumbuh kembang balita:

Usia 4 tahun

Anak yang menginjak usia ini biasanya berada dalam masa transisi, dari kehidupan rumah ke kehidupan di luar keluarga. Tingginya rasa ingin tahu juga menjadi alasan mereka butuh lebih banyak dukungan dan ruang. Oleh sebab itu, anak di usia ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain dan belajar menjelajah lingkungan. 

Selain itu, anak usia empat tahun juga mulai tertarik untuk mengenal orang lain dan banyak berbicara. Anda bisa membantu perkembangan mereka dengan mengajaknya mengobrol. Dengan demikian, kemampuan dalam hubungan sosial juga bisa berkembang.  

Usia 5 tahun

Memasuki usia ini, anak belajar mengembangkan sisi independen dan mengatur dirinya. Untuk itu, Anda bisa melibatkan anak-anak sebagai bagian dari suatu kelompok sosial. Berikan mereka kesempatan untuk belajar bahwa setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda. 

Di usia lima tahun, mereka juga mulai membangun pertemanan yang lebih kuat dan mampu mengekspresikan berbagai perasaannya. 

Usia 6 tahun

Mereka mulai mengembangkan hubungan dan menentukan apakah dirinya cocok berada di suatu kelompok atau tidak. Disamping itu, saat mengelola perasaan dan membina hubungan dengan orang lain, anak usia enam tahun menemukan kompetisi sebagai sesuatu yang menyenangkan

Saat mereka menjadi bagian dari kelompok, anak juga berhubungan dengan berbagai jenis orang dewasa maupun teman sebaya. Selain itu, mereka juga semakin kreatif dalam berbicara. 

Terkadang, anak berusia enam tahun juga mulai berbohong. Meski secara sosial tidak baik, sisi positifnya adalah sebagai tanda keterampilan kognitif dan sosial buah hati yang berkembang. Di sinilah peran orang tua untuk membimbing anak ke arah yang lebih baik. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Metrotvnews/Jawaban.com by tk

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ivan Sitompul 9 June 2019 - 12:36:56

Tujuan tuhan yesus naik ke surga

0 Answer

Juan Sih 31 May 2019 - 22:21:57

Apakah hari sabat yang dimaksud alkitab adalah har.. more..

0 Answer

liana 27 May 2019 - 14:56:37

menikah tanpa sex

1 Answer


Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Fun Run (1)


7261

Banner Mitra Maret Week 2