Begini Tradisi Umat Katolik Roma Rayakan Tahun Yobel

Begini Tradisi Umat Katolik Roma Rayakan Tahun Yobel

Lori Official Writer
3687

Peringatan Tahun Yobel merupakan tradisi penting umat Katolik Roma yang digelar di Basilika Santo Petrus. Umat Katolik menyebut peringatan ini sebagai tahun pengampunan meliputi pembebasan para narapidana dan budak.

Tahun Yobel ini sudah berlangsung sejak 700 tahun lalu dan diperingati setiap 25 tahun sekali, kecuali ada dekrit khusus dari Paus untuk menyoroti topik tertentu bila dirasa perlu. Tradisi ini etrkahir kali diperingati pada tahun 2000 silam, dan akan kembali diperingati tahun 2015 ini. Kabarnya, Paus telah memerintahkan untuk membuka pintu suci Basilika Santo Petrus sejak hari ini, Selasa (8/12).

Apa makna Pintu Suci bagi umat Katolik?

Pintu suci ini dijadikan sebagai simbol yang mewakili Yesus sebagai pintu “Akulah pintu (Yohanes 10: 7)”. Melewati pintu suci ini berarti menerima indulgensi atau pengampunan dosa-dosa yang diperbuat. Gereja Katolik berpandangan bahwa ketika seseorang melakukan dosa, ia harus pergi ke pangkuan Tuhan untuk mendapat pengampunan. Indulgensi ini adalah cara untuk mengrangi hukuman.

Analoginya, seperti orang-orang yang melakukan kejahatan, mereka akan dikenakan hukuman penjara. Mereka mungkin meminta belas kasihan atas kejahatan mereka dan meminta maaf, tetapi mereka masih harus menjalani hukuman dan menhadapi konsekuensi dari kejahatan mereka.

Untuk menerima indulgensi penuh seseorang harus:

-Berjalan melalui pintu suci

-Tersungkur dipangkuan Tuhan

-Menerima doa yang disampaikan Paus

Pengampunan dosa dilakukan oleh Paus dan para imam

Dalam acara pengampunan dosa ini, Paus akan dibantu oleh para imam Vatikan yang telah diberi kuasa mengampuni dosa. Mereka akan menangani dosa seperti:

-Penodaan Ekaristi

-Melawan perintah keenam (bila seorang imam didapati melakukan perzinahan)

-Menahbiskan Uskup tanpa persetujuan Paus

-Pelanggaran terhadap Sakramen Pengakuan dosa (imam membocorkan rahasia pengakuan dosa)

-Melakukan kekerasan fisik terhadap Paus Roma

Paus memilih tema Pengampunan untuk peringatan Tahun Yobel kali ini karena dianggap perlu meresponi isu-isu yang tengah marak belakangan ini. Selama sehari penuh, aktivitas di Roma akan berhenti sejenak untuk fokus mengikuti peringatan suci ini.

Sumber : Cnn.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami