Robot akan Dominasi Jepang Pada 2035
Sumber: harukadna.blogspot.com

Entertainment / 8 December 2015

Kalangan Sendiri

Robot akan Dominasi Jepang Pada 2035

daniel.tanamal Official Writer
3813
Robot adalah salah satu keunggulan teknologi yang dimiliki dan diproduksi oleh Jepang. Cuma di Jepang, terdapat patung robot Gundam yang menunjukkan betapa besar antusiasme masyarakat dengan eksistensi robot di negara tersebut.

Gundam pun hanya menjadi satu dari beberapa 'simbol' betapa masyarakat Jepang sangat mencintai dunia robotik. Selain robot adaptasi anime populer tersebut, ada juga sebuah hotel yang memperkerjakan robot dinosaurus untuk menyambut para tamunya. Selain itu, beberapa perusahaan ritel lain pun turut memperkerjakan robot untuk membantu manusia menyelesaikan pekerjaan, seperti robot penerjemah, robot yang bisa membantu para manula, robot pelayan restoran, dan masih banyak lagi!

Memang pada dasarnya Jepang sendiri dinilai menjadi salah satu pionir pencipta perangkat robotik di dunia. Bahkan, beberapa analis yang mengamati hal ini memprediksi bahwa setengah dari negara Jepang, populasinya akan dipadati dengan kaum robot pada 20 tahun lagi, tepatnya pada 2035. Menurut yang dilansir Ubergizmo, Selasa (8/12/2015), para analis yang berasal dari Nomura Research Institute tersebut mengungkapkan dari studi yang mereka lakukan, setengah populasi ini akan diisi oleh kalangan robot pekerja.

Studi ini dilakukan dengan cara mengevaluasi lahan pekerjaan yang saat ini tersedia di Jepang. Mereka pun mengelompokkan jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara otomatis oleh robot, dan mana jenis pekerjaan yang hanya bisa diselesaikan oleh para manusia. Dibeberkan jenis pekerjaan kreatif seperti profesi desainer grafis sangat sedikit memiliki kemungkinan untuk secara otomatis dilakukan oleh robot. Sementara, jenis pekerjaan berat seperti manufaktur, atau kategori pekerjaan customer service seperti penerjemah, helpdesk, bisa dilakukan dengan mudah oleh para robot.

Namun menurut kepala studi Nomura Research Institute, Yumi Wako, prediksi ini hanyalah bersifat perhitungan hipotetis. Bagaimanapun, ia menjelaskan tidak menutup kemungkinan jika perhitungan ini kelak bisa benar-benar terjadi pada waktu 20 tahun mendatang.



Sumber : Liputan6
Halaman :
1

Ikuti Kami