Benarkah WiFi Bisa Sebabkan Alergi Serius?
Sumber: www.dailyherald.com

Health / 8 December 2015

Kalangan Sendiri

Benarkah WiFi Bisa Sebabkan Alergi Serius?

Lori Official Writer
3288

Baru-baru ini ditemukan kasus yang menimpa sejumlah orang yang tiba-tiba sakit kepala berulang tanpa diketahui penyebabnya. Sakit yang mereka rasakan beragam, seperti migrain, pusing dan alergi kulit. Banyak orang yang kemudian menduga bahwa penyebabnya berasal dari jaringan WiFi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, kondisi itu sebagai electromagnetic hypersensitivity (EHS). Kasus ini awalnya menimpa seorang gadis berusia 15 tahun asal Inggris yang memutuskan bunuh diri karena stak tahan dengan sinyal WiFi di sekolahnya yang membuatnya mual, sakit kepala dan sulit berkonsentrasi.

Untuk membuktikan kebenarannya, para peneliti melakukan survei kepada orang-orang yang mengaku mengalami kondisi EHS saat berada dekat dengan telepon seluler, layar komputer, dan pemancar WiFi. Mereka mengaku akan merasa lebih baik jika berada jauh dengan sumber sinyal.

Namun WHO mengatakan bahwa kondisi penyebab EHS ini sebenarnya tidak spesifik. Sehingga masih sangat diragukan apakah WiFi benar-benar bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi orang-orang penderita EHS. “Orang yang bilang bahwa dirinya punya EHS jelas sedang sakit. Tapi sains menunjukkan bukan sinyal elektromagnet yang menyebabkan penyakitnya,” kata psikolog senior dr James Rubin dari King’s College London, seperti dikutip Livescience com, Senin (7/12).

Di sisi lain, WHO tetap mengakui bahwa penyakit EHS benar-benar nyata. Namun penyakit itu sendiri tidak termasuk dalam diagnosis medis. “Tidak ada alasan ilmiah yang menghubungkan gejala EHS terhadap paparan sinyal elektromagnetik,” tulis WHO dalam situs resminya.

Sumber : Livescience.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami