Jawaban Doa dari Tuhan atau Keinginan Sendiri?

Jawaban Doa dari Tuhan atau Keinginan Sendiri?

Lori Official Writer
10760

Kita seringnya keliru dalam menginterpretasikan jawaban doa dari Tuhan. Kita beranggapan bahwa rancangan Tuhan atas manusia itu selalu baik. Seringnya kita akan menganggap segala kesempatan besar dan terlihat menarik adalah jawaban doa dari Tuhan. Sayangnya, pintu yang terbuka sedikit tidak berarti harus selalu kehendak Tuhan.

Untuk itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara membedakan apakah kesempatan-kesempatan yang muncul adalah pintu terbuka dari Tuhan atau tidak. Tentu saja banyak orang yang melewatkan pintu-pintu terbuka karena merasa ragu soal apakah itu baik atau tidak. Sebaliknya, tak seorang pun yang tak ingin mengambil kesempatan yang datang jika itu benar-benar berasal dari Tuhan bukan?

Lalu bagaimana kita bisa melangkah tanpa ragu dan meyakini bahwa Tuhan telah membuka pintu sebagai jawaban doa kita sendiri? Alkitab memberikan kita beberapa prinsip untuk membantu kita membedakan jawaban doa dari Tuhan atau hanya keinginan sendiri.

Jawaban doa dari Tuhan tidak pernah bertentangan dengan firman-Nya

Banyak orang Kristen yang memiliki pandangan bahwa menghasilkan banyak uang adalah jawaban doa dari Tuhan, meskipun kesempatan itu berarti sebuah pekerjaan yang akan menghambat mereka mengikuti pertemuan-pertemuan ibadah di gereja. Kebenarannya, firman Tuhan berkata agar kita tidak mengabaikan pertemuan-pertemuan ibadah (Ibrani 10: 25).

Hal ini benar-benar nyata terjadi kepada orang-orang yang tengah menjalin hubungan dengan pasangannya. Beberapa diantara mereka mengatakan bahwa mereka percaya Tuhan membuka pintu dengan cara mempertemukan mereka dengan jodohnya, meskipun jodoh yang dimaksud tidak sepadan dengan mereka. Sementara firman Tuhan mengatakan bahwa hendaklah setiap pasangan itu sepandan (2 Korintus 6: 14). Jawaban doa dari Tuhan tidak pernah memaksa kita untuk berkompromi atau tidak taat kepada firman-Nya.

Sebagai manusia yang rentan dengan dosa, kita memiliki cara yang sangat baik untuk mengubah mandate dari Allah dengan dalih-dalih yang terdengar benar tetapi sesungguhnya bertentangan dengan cara kerja Tuhan. Melanggar firman Tuhan untuk membenarkan ‘jawaban doa’ yang kita anggap benar bukanlah jawaban yang berasal dari Tuhan karena Tuhan tidak pernah mencobai anak-anak-Nya (Yakobus 1: 13-14).

Jawaban doa dari Tuhan akan disusul dengan konfirmasi

Dalam Matius 18: 15-16, Yesus menganjurkan agar menguji perbuatan orang lain dengan cara menengornya dan jika tengoran itu tidak didengarkan maka bawalah seorang atau dua orang saksi untuk membuktikan kebenarannya. Hal yang sama juga berlaku ketika Allah menegaskan suatu hal yang kita nanti-nantikan lewat firman-Nya. Dia akan mengkonfirmasi atau melakukan tindakan dengan memakai orang lain sebagai saksi untuk menyampaikan pesan yang hendak Dia sampaikan, baik pendeta atau pembimbing rohani. Jawaban doa bisa diuji melalui doa, penegasan dan masukan dari orang lain untuk mengkonfirmasi bahwa Tuhan sedang memberikan jawaban yang tepat bagi kita.

Jawaban doa dari Tuhan akan membuat kita tergantung kepada-Nya

Tuhan tidak pernah memberikan jawaban doa yang akan memisahkan kita dari Dia atau membuat kita tidak lagi bergantung kepada-Nya. Dia adalah Allah yang terkoneksi dengan anak-anak-Nya, dan Dia adalah pribadi pertama yang harus ada dalam hidup kita (Matius 6: 33). Oleh karena itu, kita akan kerap berkata, “Saya tidak dapat melakukan ini kecuali Tuhan berjalan di depan saya” atau “Saya bisa melakukan ini, tetapi hanya dengan pertolongan dan pimpinan Tuhan”.  Jawaban doa dari Tuhan akan melekatkan kita dengan Dia sehingga iman kita semakin diperkuat. Hasilnya, kita akan semakin bertumbuh dalam keserupaan akan Kristus.

Membedakan jawaban doa dari Tuhan dan hanya keinginan sendiri sebenarnya mudah apabila kita terus melekat kepada Tuhan. Pastikan terlebih dahulu bahwa iman kita telah mengalahkan kedagingan yang kerap membawa kita ke dalam dosa. Jadi, berhati-hatilah dengan setiap kesempatan yang datang kepada Anda.

Sumber : Christianity.com/jawaban.com/ls

Ikuti Kami