5 Tips Membuat Kue Rendah Kalori
Sumber: www.regalhotel.com

Entertainment / 26 November 2015

Kalangan Sendiri

5 Tips Membuat Kue Rendah Kalori

Lori Official Writer
21146

Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata! Saatnya mempersiapkan resep-resep terbaru untuk hidangan nikmat di kedua momen besar tersebut. Jika Anda merasa bahwa momen ini akan menjadi ancaman bagi diet sehat Anda karena diperhadapkan dengan godaan beragam hidangan kue atau roti tinggi lemak dan kalori, sebaiknya cegah pemikiran itu dan mulai terapkan tips hidangan rendah kalori ini.

Anda bisa mengganti bahan-bahan tinggi kalori seperti tepung, mentega, margarin, gula, dan susu dengan bahan-bahan berikut:

1. Ganti tepung dengan gandum

Tepung adalah bahan utama dalam pembuatan hampir seluruh kue atau roti. Tetapi bahan yang satu ini tentunya bisa diganti dengan gandum yang jauh lebih sehat dan rendah lemak. Yang membedakan penggunaan tepung dan gandum adalah rasa dan tekstur kue.

2. Ganti mentega dengan bahan rendah kalori

Mentega memang berfungsi membuat kue menjadi gurih dan lembut. Tetapi memiliki kalori dan lemak yang sangat tinggi antara 1.627 kkal kalori dan 184 gram lemak per sendoknya. Untuk menghasilkan kue sehat rendah kalori, ganti mentega dengan:

- Cream Cheese yang hanya mengandung 30 kkal kalori dan 2 gram lemak per sendoknya. Bahan lainnya bisa

- Greek Yogurt yang rendah gula dan karbohidrat namun tinggi protein

3. Ganti margarin dengan puree buah

Puree labu kuning tanpa gula bisa mnejadi penganti bahan berlemak dalam pembuatan kue. Biasanya bahan ini cocok digunakan untuk membuat kue jenis quick bread, spice bread, muffin, pancake, dan brownies. Keuntungan yang didapatkan adalah kalori dan lemak yang terpotong dari margarin yang biasanya digunakan bisa mencapai 1500 kkal dan 184 gram per sendoknya.

4. Kurangi porsi gula

Banyak orang yang lebih menyukai kue manis dibanding kue tawar. Padahal, rasa manis mengandung kalori dan sangat tinggi. Jika Anda ingin memperoleh kue yang sehat dan bersahabat bagi berat badan, kurangi penggunaan gula berlebihan.

5. Ganti susu tinggi lemak dengan susu krim

Susu menjadi salah satu penentu dari rasa kue. Namun bukan berarti sembarang menggunakan susu loh! Salah satu cara untuk tetap bisa menikmati kue dengan rasa nikmat dan sehat adalah dengan mengganti susu tinggi lemak dengan susu krim. Pergantian bahan ini sama sekali tidak mengurangi rasa kue atau roti yang Anda buat.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami