5 Gangguan Kesehatan Akibat Kecanduan Smartphone

Health / 24 November 2015

5 Gangguan Kesehatan Akibat Kecanduan Smartphone

Lori Official Writer
3787

Gangguan kesehatan akibat penggunaan ponsel smartphone ternyata tak sebatas gangguan mental saja. Ada juga gangguan kesehatan lain yang menyerang para penggunanya. Ada yang serius dan ada pula yang memerlukan penanganan lanjutan serta yang bisa ditanggulangi sendiri tanpa harus berobat.

Berikut beberapa gangguan kesehatan akibat penggunaan smartphone:

Cyber Sickness

Cyber Sickness adalah penyakit yang menyebabkan penderita merasa migrain, pusing atau mual ketika melihat layar smartphone. Gejala ini mulai terjadi ketika timbul sebuah perasaan ketidakcocokan antara smartphone dan sensor perasa.

Para pakar menyebutkan, gejala ini terjadi karena otak menerima rangsangan namun kondisi si penerima tidak cocok dengan rangsangan. Kondisi ini bisa terjadi ketika pengguna smartphone biasa menggeser layar ponsel dengan cepat atau suka menonton adegan action lewat ponsel.

Phatom Vibe

Sindrom phatom vibe ditandai dengan timbulnya perasaan mendengar deringan atau getaran smartphone padahal sesungguhnya tidak terjadi apa-apa. Dengan kata lain, penderita Phatom Vibe merasa smartphone yang digunakan seolah bergetar sebagai tanda adanya pesan atau telepon, padahal sebenarnya tidak terjadi apa-apa.

Dalam hal ini, pakar medis menyarankan agar tetap waspada jika gejala tersebut mulai muncul. Karena penyakit ini bisa jadi akan berkembang menjadi gangguan ansietas atau perilaku kompulsif. Untuk mengurangi kecanduan tersebut, dokter menyarankan untuk melatih diri meninggalkan smartphone ketika bepergian dan menghindari munculnya getaran-getaran yang sama sekali tidak terjadi.

Eye Strain

Eye Strain atau mata lelah adalah gangguan kesehatan yang umumnya terjadi pada pengguna smartphone. Rasa pedih, mata kering, sakit kepala, dan iritasi merupakan gejala yang sering mengganggu pengelihatan.

Mata lelah bukan merupakan kondisi serius dan bisa diatasi dengan relaksasi mata dengan rumus 20-6-20. Istirahatkan mata setiap 20 menit dengan mengalihkan mata minimal 6 meter selama 20 detik.

Text Neck

Terlalu banyak melihat layar smartphone sambil berjalan ternyata menimbulkan dampak serius seperti sakit di jari dan pergelangan tangan. Tak hanya itu, kebiasaan ini besar kemungkinan menimbulkan efek pegal di bagian leher dan tulang punggung. Agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius, penderita disarankan untuk menghindari kebiasaan menunduk terlalu lama saat menggunakan smartphone.

Text Claw

Sama seperti text neck, gangguan kesehatan yang satu ini terjadi akibat dari penggunaan smartphone yang berlebihan. Text claw ditandai dengan gejala sakit di bagian pergerakan otot dan tendon yang terus menerus. Pergerakan secara terus menerus ini menyebabkan otot dan tendon meradang dan menimbulkan rasa nyeri. Untuk meringankan rasa nyeri, bagian yang sakit bisa diberikan pijatan ringanagar mengembalikan pergerakan yang normal. Jika gejala ini sudah mulai muncul, mulailah memutuskan untuk mengurangi kebiasaan berkirim pesan secara berlebihan.

Gangguan-gangguan kesehatan di atas masih terbilang ringan dan bisa disembuhkan dengan terapi atau pola perubahan kebiasaan. Namun bukan berarti gangguan kesehatan lain yang lebih parah tidak mungkin terjadi. Sebelum terlambat, kurangi kebiasaan penggunaan smartphone Anda dan terapkan pola hidup sehat.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami