Putin: 40 Negara Turut Danai ISIS
Sumber: www.express.co.uk

Nasional / 20 November 2015

Kalangan Sendiri

Putin: 40 Negara Turut Danai ISIS

Lori Official Writer
6457
Presiden Rusia Vladimir Putin dengan terang menantang teroris ISIS dengan pernyataan keras menyusul serangan teror di Paris Jumat (13/11) pekan lalu. Apalagi setelah mengetahui bahwa teroris ISIS menjadi dalang dibalik jatuhnya pesawat Rusia di Sinai akhir bulan lalu.

“Kita akan mencari mereka sampai dapat di mana pun mereka bersembunyi. Kita akan mencari mereka di segala penjuru dunia dan kita akan menghukum mereka,” terang Putin dalam pernyataannya beberapa hari lalu.

Atas kekesalannya itu pula, Putin tak segan membeberkan temuan terbaru terkait negara-negara yang turut menyokong dana kepada kelompok itu. Pendanaan itu berasal dari 40 negara, termasuk beberapa negara G20. Data ini sesuai dengan pembiayaan kepada ISIS melalui perorangan. “Uang ini, seperti yang telah kami buktikan, berasal dari 40 negara, dan beberapa anggota G20,” terang Putin, saat pertemuan puncak di Antalya, Turki, seperti dilansir Christian Post.

Salah satu sokongan dana berasal dari perdagangan minyak bumi secara ilegal. Ia menjelaskan bahwa perdagangan minyak dalam jumlah besar ini untuk mendanai kelompok ISIS.

Sayangnya, Putin harus menerima penolakan dari Amerika terkait tawaran kerja sama untuk memberantas ISIS. “Kita perlu mengatur pekerjaan khusus berkonsentrasi pada pencegahan serangan teroris dan menanggulangi terorisme dalam skala global. Kami menawarkan kerjasama dalam upaya anti-ISIS. Sayangnya, mitra Amerika kami menolak. Mereka hanya mengirim catatan tertulis dan mengatakan ‘Kami menolak tawaran Anda’”.

Meski begitu, Putin tetap berusaha menggalang dukungan internasional untuk menggempur pertahanan ISIS. Ia bahkan secara khusus meminta dukungan lebih dari Amerika, Uni Eropa, Iran dan Arab Saudi. Sementara prioritas utama yang bisa dilakukan saat ini adalah mengandalkan kaum intelijen dalam pertempuran melawan ISIS. Saat ini, Rusia tengah mempersiapkan hal itu.
Sumber : CP/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami