Sering Bertengkar Karena Uang? Ini Solusinya
Sumber: www.kabar24.com

Marriage / 17 November 2015

Kalangan Sendiri

Sering Bertengkar Karena Uang? Ini Solusinya

Theresia Karo Karo Official Writer
7128

Kebiasaan dan diskusi yang rumit mengenai pengaturan keuangan setelah hidup dalam satu atap terkadang, bisa menjadi awal konflik pasangan suami dan istri. Bila tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin membuka jurang pemisah yang semakin lebar antara keduanya.

Melansir dari Familyshare (8/11), terdapat empat cara yang bisa dilakukan untuk mencegah Anda dan pasangan terus bertengkar soal finansial rumah tangga:

1. Bicarakan berdua

Saat Anda berdua sadar bahwa masalah keuangan selalu memicu konflik dalam pernikahan, sekarang adalah saatnya buat kesepakatan bersama. Atur secara bijak tagihan rutin, atur pengeluaran harian, mingguan, bulanan, hingga biaya tidak terduga. 

Kemudian cari tahu di mana kelemahan pengelolaan keuangan Anda dan pasangan. Sehingga Anda bisa menemukan solusi bersama. Langkah selanjutnya adalah berhemat, namun bukan berarti pelit. Karena dengan ini Anda berdua bisa belajar membedakan antara kebutuhan dan keinginan.  

2. Bayar tagihan tepat waktu

Anda dan pasangan perlu memastikan semua tagihan lunas sebelum jatuh tempo. Sehingga terhindar dari denda yang semakin memberatkan kondisi finansial. Bukan hanya itu, keterlambatan membayar tagihan juga bisa memicu pertengkaran semakin parah. Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran untuk bertanggung jawab dan memastikan semua tagihan terbayar tepat waktu. 

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghindari keterlambatan adalah dengan mengatur tabungan sehingga bisa terkoneksi secara online. Dengan begini, Anda dan pasangan akan semakin dimudahkan dalam membayar tagihan. 

3. Teamwork yang baik

Pertengkaran biasanya terjadi karena pasangan suami istri punya tujuan yang berbeda. Misalnya, Sang suami sibuk memoles kendaraan, sedangkan istri berkeinginan menambah perabotan rumah. 

Saran terbaik untuk masalah ini adalah dengan menemukan tujuan bersama dan menciptakan teamwork yang baik. Daripada sibuk dengan keinginan masing-masing, Anda berdua bisa menemukan cara lain untuk menggunakan uang keluarga secara bijak. Misalnya dengan fokus berinvestasi. 

4. Jujur

Kebutuhan baru apapun itu, sebaiknya dibicarakan berdua. Karena kejujuran tetap menjadi pondasi penting dalam menghindari konflik dalam pernikahan.

Tanda Anda berdua sukses mengelola keuangan rumah tangga antara lain, saling percaya, hidup hemat, dan rajin menabung. Selamat mencoba

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Okezone/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami