ISIS Kembali Bebaskan 37 Warga Kristen Suriah

Internasional / 11 November 2015

Kalangan Sendiri

ISIS Kembali Bebaskan 37 Warga Kristen Suriah

Theresia Karo Karo Official Writer
4435

Assyrian Monitor for Human Rights mengungkapkan bahwa ISIS membebaskan 37 warga Kristen Suriah pada Sabtu (7/11). Yakni sebanyak 27 perempuan dan 10 laki-laki, dan sebagian besar dari mereka berusia lanjut.

Pihaknya mengatakan bahwa mantan sandera yang dilepaskan termasuk dari 220 orang yang diculik delapan bulan lalu. Tawanan yang dibebaskan ini tiba di kota Tal Tamr, Khabur, Provinsi Hasakeh, Suriah timur laut pada Sabtu pagi. 

Sementara itu, Syrian Observatory for Human Rights juga mengkonfirmasi kebenaran informasi ini. Di mana sebagian besar yang dibebaskan berasal dari kota-kota lain di wilayah Khabur.

Sebelumnya, pada bulan Februari ISIS menangkap 220 orang Suriah saat menguasai wilayah Khabur. Walaupun puluhan tahanan sudah dilepaskan, dipercaya bahwa 140 hingga 150 masih menjadi sandera. 

Hingga saat ini, belum ada alasan yang jelas dari pembebasan tawanan ISIS ini. Sebab, Assyrian Monitor melaporkan bahwa tawanan yang dilepaskan merupakan hasil negosiasi yang dilakukan oleh gereja Assyria Timur di Hasakah. Sedangkan laporan lainnya menyebutkan bahwa ISIS dibayar untuk melepaskan para sandera.

Pembebasan warga Kristen Suriah oleh ISIS ini bukan yang pertama kalinya. Pada bulan Agustus, Syrian Observatory melaporkan bahwa ISIS juga membebaskan 22 warga Kristen Assyria.

Sejak menguasai beberapa daerah di Suriah dan Irak, ISIS diketahui telah menangkap ratusan sandera, termasuk orang-orang Kristen dari beragam aliran. Sebelum konflik, diketahui bahwa ada 30.000 orang Kristen Asiria dari 1,2 juta orang Kristen yang ada di Suriah. Kebanyakan dari mereka menetap di 35 desa di Hasakeh. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Kompas/Liputan6.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami