7 Tanggung Jawab Suami Saat Istri Hamil

7 Tanggung Jawab Suami Saat Istri Hamil

Lori Official Writer
37443

Bagaimanapun masa kehamilan sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan janin. Diperlukan faktor pendukung baik dari ibu hamil sendiri (internal) dan orang lain (eksternal), salah satunya adalah dukungan suami selama masa kehamilan. Bagaimana suami memposisikan diri untuk menjamin kesehatan si ibu dan janin selama kurang lebih 9 bulan ke depan?

Berikut 7 tanggung jawab suami selama masa kehamilan istri

#1 SIAGA selama masa kehamilan

SIAGA adalah siap antar dan jaga istri selama masa kehamilan. Suami mungkin bisa benar-benar mencurahkan perhatian kepada istri, misal selalu ada untuk mengantar dan menjemputnya saat kerja. Suami juga bertanggung jawab penuh untuk memastikan istri mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi.

#2 Pastikan dia tidak mengalami stres akibat tekanan

Emosi sang ibu selama kehamilan sangat menentukan janin berkembang dengan baik atau tidak. Stres adalah salah satu emosi yang bisa mengancam pertumbuhan janin. Dalam hal ini, pastikanlah agar istri terhindar dari beragam tekanan yang membuatnya stres, misalnya kebiasaan buruk suami yang kerap membuatnya marah dan sebagainya.       

#3 Temani dia saat konsultasi ke dokter

Mendampingi istri untuk check up (periksa, red) ke dokter menjadi tanggung jawab yang sangat penting. Selain memberi perhatian dan kasih sayang kepada istri dalam kondisinya yang serba lemah, suami juga bisa mendapatkan semua informasi penting terkait kondisi kesehatan janin.

#4 Ambil alih pekerjaan berat istri

Ingatkan istri untuk tidak melakukan pekerjaan berat yang membahayakan kehamilannya. Bila perlu, ambil alih pekerjaan-pekerjaan berat yang kerap dilakukannya sehari-hari. Jika sedang di rumah, selalu siaga dengan aktivitas yang dilakukan istri. 

#5 Penuhi keinginan istri 

Salah satu kebiasaan aneh ibu hamil adalah meminta sesuatu yang kadang kala tidak masuk akal. Fase ini disebut dengan fase mengidam. Namun sebagai suami, turuti keinginannya karena hal itu sangat berpengaruh pada perkembangan janin.

#6 Dukung kesehatan istri dan cabang bayi dengan olahraga santai

Ibu hamil juga membutuhkan olahraga loh! Tak ada salahnya menyusun jadwal olahraga bersama istri yang sedang hamil untuk melatih otot dan sendi yang tegang. Dampingi dia untuk sekadar berjalan-jalan santai di sekitar kompleks rumah di pagi atau sore hari.

#7 Perlakukan istri dengan penuh kasih

Masa kehamilan bahkan menjadi masa bagi sang istri mendapatkan kasih sayang ekstra dari sang suami. Ucapan lembut, perhatian, peluk dan belaian menjadi ekspresi yang akan membangkitkan kebahagiaannya. Membelai bagian perut dan membicarakan tentang berbagai hal soal bayi juga akan membuat sang istri bahagia memiliki suami yang peduli dengan dirinya dan masa depan anaknya.

Masa kehamilan adalah masa-masa yang berat dan penuh tantangan bagi seorang wanita baik secara fisik maupun emosional. Selama masa ini pula dibutuhkan pendampingan suami sepenuhnya untuk memastikan bahwa dia dan si cabang bayi sehat hingga pada hari kelahiran tiba.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls

Ikuti Kami