Terlalu Lama Nonton TV, 6 Bahaya Kesehatan Ini Intai Anda
Sumber: Shutterstock/Concept Photo

Health / 30 October 2015

Kalangan Sendiri

Terlalu Lama Nonton TV, 6 Bahaya Kesehatan Ini Intai Anda

Theresia Karo Karo Official Writer
4510

Hiburan di saat santai ini ternyata menyimpan bahaya bila dilakukan terlalu lama. Berikut enam alasan kenapa terlalu lama menonton televisi berbahaya bagi kesehatan Anda. 

1. Semakin gemuk

Selama ini kita berpikir bahwa, mereka yang terlalu lama menonton TV akan semakin gemuk karena melakukannya sambil ngemil. Ternyata tidak selamanya seperti itu. Sebab menurut profesor sosiologi kesehatan, Steve Gortmaker, seseorang berpotensi semakin gemuk karena iklan yang ditontonnya. Sehingga kita semakin sering membeli berbagai produk makanan yang tidak sehat. 

2. Meningkatkan risiko diabetes

Studi terhadap orang-orang yang berisiko diabetes menemukan bahwa setiap jam yang dihabiskan untuk menonton TV selama sehari, meningkatkan risiko terkena penyakit hingga 3,4 persen. 

3. Menurunnya jumlah sperma

Studi oleh Harvard menemukan bahwa pria yang menonton lebih dari 20 jam/minggu memiliki sperma 44 persen lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak. Selain itu, penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa menonton TV terlalu lama juga turut meningkatkan risiko penyakit jantung dan impotensi. 

4. Perkembangan bahasa anak semakin menurun

Ketua American Academy of Pediatrics, David L. Hill mengungkapkan bahwa paparan TV bagi anak berusia dua tahun berhubungan dengan penurunan perkembangan bahasa anak. Oleh sebab itu, akan lebih baik bila orang tua menghindari TV sebagai hiburan bagi anak-anak dibawah usia dua tahun. 

5. Antisosial

Selain pengguna gadget, perasaan kesepian dan depresi juga berkorelasi dengan terlalu lama menonton televisi. Sehingga hal inilah yang menyebabkan anak-anak memiliki perilaku antisosial. Hal ini diungkapkan dalam konferensi tahunan Asosiasi Komunikasi Internasional di San Juan, Puerto Rico. 

6. Risiko kematian lebih cepat

Dalam Journal of American Heart Association ditemukan bahwa menonton TV selama tiga jam atau lebih, dalam sehari bisa memperpendek usia seseorang. Risiko kematian ini lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menonton lebih dari 1 jam sehari. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.
Sumber : Metrotvnews/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami