Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Theresia Karo Karo

Official Writer
3787


Bukan ingin membandingkan dengan kuliah di negeri, banyak dari kita yang mungkin memiliki impian untuk bisa kuliah di luar negeri. Meskipun begitu, sudah bukan rahasia lagi bila biaya untuk itu merogoh kantong yang sangat dalam. Solusi yang bisa terpikirkan adalah mencari beasiswa kuliah.

Hadirnya beasiswa memberi kita kesempatan untuk mewujudkan impian untuk kuliah di luar negeri. Tentunya setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk ini. Namun untuk mencapainya, kita perlu persiapan matang dibarengi dengan strategi yang tepat. 

Sebelum memutuskan ikut sebagai peserta beasiswa, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut:

1. Ukur kemampuan berbahasa Inggris

Mengetahui kemampuan berbahasa Inggris bisa diketahui lewat tes TOEFL. Selain itu, nilai dari tes ini juga dibutuhkan di hampir semua beasiswa ke luar negeri. Bila Anda masih merasa kurang dalam berbahasa Inggris, jangan panik. Anda bisa mengambil program kursus singkat untuk kemampuan berbahasa Inggris. 

2. ‘Kemampuan’ untuk menerima beasiswa?

“Apakah kemampuan saya cukup untuk mendapatkan beasiswa?” Pertanyaan ini wajib Anda jawab. Sebab kemampuan akademis biasanya menjadi salah satu pertimbangan bagi penyedia beasiswa. 

Bila IPK Anda berada pada angka 3, maka peluangnya tentu semakin besar. Namun bila dibawah 3 atau minimal 2.75, Anda masih berpeluang untuk mendapatkan beasiswa dengan nilai TOEFL yang besar atau dengan CV yang bagus.

3. Punya pengalaman berorganisasi akan lebih baik lagi

Bagi Anda yang aktif berorganisasi di sekolah atau masyarakat silahkan gunakan kesempatan ini. Sebab sebagian kalangan yang memberikan beasiswa menjadikan pengalaman berorganisasi sebagai salah satu acuan mereka. 

4. Saatnya memilih kampus

Sebelum memutuskan untuk mencari beasiswa, pastikan universitas mana yang menjadi target Anda. Sebaiknya Anda juga menyesuaikan kampus dengan jurusan yang didambakan. 

5. CV dengan format sistematis

Jangan anggap remeh langkah berikut ini. Curriculum vitae sama dengan proposal yang mempromosikan diri Anda. Namun bukan berarti kita bisa melebih-lebihkan kenyataan yang ada. Siapkan CV yang sistematis tanpa harus berbohong. Sebab CV yang baik memainkan peran penting selama seleksi dokumen. 

6. Statement of Purpose (SOP)

SOP merupakan pernyataan yang berisi alasan kenapa Anda layak mendapatkan beasiswa di kampus yang dituju. Biasanya, hal ini ditanyakan secara spontan oleh pihak penyedia beasiswa. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk membuat pernyataan yang jelas, fokus dan tidak berlebihan. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Liputan6/Jawaban.com by tk

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

dian nugroho 20 October 2019 - 22:26:17

Selam

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer

isooy channel 19 October 2019 - 15:40:46

apa perbedaan join di ownerkedasbeauty sama di pro.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3