Cara Mengolah Jamur yang Sehat
Sumber: Eblogfa.com

Entertainment / 29 October 2015

Kalangan Sendiri

Cara Mengolah Jamur yang Sehat

Lori Official Writer
16197

Jamur adalah salah satu bahan makanan yang mengandung serat yang tinggi dan baik bagi kesehatan. Namun tak semua jenis jamur bisa dikonsumsi karena sebagian diantaranya justru menjadi racun yang mematikan. Jamur yang bisa dimasak pada umumnya mengandung aneka nutrisi yang baik seperti protein, air, kalori, karbohidrat, zat besi, kalsium, vitamin B dan C.

Adapun jenis-jenis jamur yang bisa dikonsumsi adalah jamur tiram, jamur kancing, jamur merang, jamur kuping dan jamur shiitake atau hioko. Aneka ragam jamur ini bisa diolah dengan cara ditumis, digoreng serta dijadikan bahan campuran.

Untuk menghidangkan jamur yang sehat, perlu sekali memperhatikan beberapa cara pengolahannya seperti:

Cara memilih jamur

- Pastikan jamur yang dipilih bukan jenis jamur beracun.
- Pilih jamur yang masih segar. Apabila jamur bertopi, pilih topi yang bersih, tidak memar atau cacat.
- Hindari jamur yang sudah berwarna kecokelatan karena hanya akan terkesa kotor seperti jamur Pottabella.


Cara menyimpan jamur

Jamur sangat sensitif dengan suhu dan sentuhan fisik. Untuk itu sangat dianjurkan untuk menyimpan jamur di tempat yang tepat sebelum diolah seperti:
- Masukkan jamur ke dalam kantong kertas atau bisa dengan kertas coklat polos untuk menghindari sentuhan dari dinding kulkas. Atur posisi jamur pada suhu yang tidak terlalu dingin.
- Jamur juga bisa dibekukan dalam keadaan mentah jika sebelumnya tidak dicairkan. Untuk jenis jamur ini, sebaiknya masaklah dalam keadaan beku dengan cara direbus atau ditambahkan ke dalam sup atau casserole.

 
Cara memasak atau menumis jamur

Menumis jamur

- Bersihkan terlebih dahulu jamur sebelum diolah. Potong menjadi irisan atau bagi dua.
- Rebus jamur dengan menambahkan minyak sayur, mentega atau keduanya dalam air. Tumis jamur dalam air yang sedang atau panas.
- Saat jamur direbus perhatikan warna. Warna emas menunjukkan bahwa jamur sudah matang.

Memasak dengan microwave

Untuk cara yang satu ini, bisa dilakukan dengan tahap membersihkan sdan memotong jamur menjadi irisan tipis terlebih dahulu. Lalu tempatkan pada wadah yang telah diolesi minyak atau mentega. Lalu tutup wadah dengan foil dan masak pada suhu tinggi selaa 2-4 menit. Aduk dan hidangkan.

Jamur tak hanya memberi rasa enak pada makanan, tetapi juga memberi manfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisinya yang tinggi bermanfaat membantu mencegah beragam penyakit, mulai dari diabetes, sistem kekebalan tubuh, diet dan menjaga kesehatan tulang.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Vemale.com/Superindo.co.id/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami