Jeli Melihat Peluang Investasi Properti di Luar Jakarta
Sumber: http://bi.go.id

Investment / 27 October 2015

Kalangan Sendiri

Jeli Melihat Peluang Investasi Properti di Luar Jakarta

Puji Astuti Official Writer
7934

Kota Jakarta menduduki posisi kelima dalam daftar 10 kota dengan kenaikan harga properti paling signifikan di dunia dengan kenaikan mencapai 11,2 persen. Menurut data yang dirilis CNN pada bulan Mei 2015 lalu ini, posisi pertama adalah San Fransisco, Amerika Serikat (AS)dengan kenaikan harga properti mencapai 14,3 %, kedua adalah Bangalore, India dengan kenaikan 13,6 persen, ketiga adalah Miami (AS) dengan tingkat kenaikan 12,2 persen dan ke empat dipegang oleh Vancouver, Kanada dengan kenaikan real estate 11,8 persen.

Jadi sudah tidak heran lagi jika harga properti di ibukota Indonesia harganya selangit dan untuk investasi properti di Jakarta butuh modal yang tidak sedikit. Namun peluang terbuka lebar di luar Jakarta loh, karena pemerintah sedang berusaha mendongkrak ekonomi Indonesia dengan melakukan berbagai pembangunan di daerah, terutama wilayah Indonesia timur.

Salah satu indikasi yang bisa digunakan adalah kenaikan harga properti di berbagai wilayah, contohnya Batam, wilayah ini mengalami peningkatan harga paling tinggi, yaitu mencapai 5,65%. Bahkan pada rumah-rumah dengan tipe besar atau mewah, kenaikan harganya mencapai 9,45%. Salah satu pendorong meningkatnya harga properti di Batam adalah bertumbuhnya sektor industri dan infrastruktur di wilayah tersebut.

Jadi jika pemerintah mulai fokus membangun infrastruktur dan industri di wilayah Indonesia Timur maka sudah dapat diprediksi kenaikan harga properti di tahun 2016 nanti akan cukup signifikan. Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo membidik wilayah Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua untuk percepatan pembangunan. Karenanya, lima wilayah tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk investasi diluar Jabodetabek. Berdasarkan Survei Harga Properti Residensial yang dilakukan oleh Bank Indonesia pada kuartal  II-2015 ini, untuk kenaikan harga properti tertinggi di wilayah Indonesia Timur ada pada kota Makassar dan Manado.

Selain investasi properti dalam bentuk rumah tinggal, Anda bisa mempertimbangkan untuk investasi pada apartemen.Hunian vertikal ini mulai digemari masyarakata Indonesia, bahkan ada yang memandangnya sebagai sebuah prestise jika tinggal di sebuah apartemen dengan berbagai fasilitas dan kemudahaannya. Permintaan apartemen di daerah-daerah perkotaan pun cukup tinggi, kabarnya mencapai 1:3, jadi setiap 500 hunian ada sekitar 1500 hingga 2000 konsumen yang sudah menanti. Nah, apakah Anda tertarik untuk mendukung pemerintah dan ikut investasi di wilayah-wilayah Indonesia Timur?

Sukses  tidak hanya diukur dari berapa banyak yang kita miliki, namun berapa banyak yang kita bagikan. Mari berbagi! Bagikan artikel ini lewat sosial media Anda dan bawa perubahan positif kepada hidup mereka. Dan jangan hanya berhenti disitu. Lakukan lebih dengan bermitra dengan kami (Mitra CBN). More info, KLIK DISINI


Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami