5 Kunci Membangun Kerjasama Dalam Tim
Sumber: http://cosmopolitan.co.id

Career / 21 October 2015

Kalangan Sendiri

5 Kunci Membangun Kerjasama Dalam Tim

Lori Official Writer
22080


Hampir semua bidang pekerjaan menghendaki karyawan bekerja dalam tim. Padahal, seperti kita ketahui, tak semua orang bisa atau suka dengan sistem kerjasama ini. Namun begitu, kerjasama menjadi elemen yang penting untuk mencapai visi atau hasil yang sama dengan lebih mudah. Tidak peduli apakah Anda seorang bos, karyawan atau professional, bila Anda memiliki kemampuan kerjasama yang baik, Anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa.

Untuk membangun kerjasama yang baik, perlu sekali untuk melakukan hal-hal ini dalam tim.

Fokus pada target atau tujuan tim

Untuk bisa mencapai tujuan atau target tim, kesampingkan terlebih dahulu keinginan pribadi agar bisa fokus pada tujuan yang diinginkan bersama. Jika hanya mengikuti keinginan sendiri, maka kerjasama dengan tim hanya akan menjadi angan-angan belaka. Akan ada perbedaan tujuan yang terjadi dalam tim sehingga tujuan menjadi lambat untuk tercapai atau bahkan gagal.

Bagi tugas masing-masing anggota tim

Hal pertama yang harus diketahui oleh setiap tim adalah tujuan kerjasama, lalu pembagian kerja masing-masing tim. Hal ini penting sekali karena bisa mendorong anggota tim untuk bekerja lebih produktif, efisien dan sesuai target. Sementara pemimpin tim bekerja untuk terus mengevaluasi dan mendukung kerja tim secara berkelanjutan.

Membangun kekompakan tim

Kerja dalam tim ibarat seorang Even Organizer yang membutuhkan orang lain dalam mengerjakan hal-hal yang penting untuk menunjang kesuksesan sebuah acara. Ada penanggung jawab dan ada pula anggota yang memiliki keahlian dibidangnya masing-masing. Penanggung jawab menjadi seseorang yang dibutuhkan untuk terus mendorong seluruh tim, mengingatkan untk saling berkomunikasi dan membangun kekompakan satu dengan yang lain. Sehingga tidak ada gesekan atau perpecahan yang terjadi.

Bangun kepercayaan antar anggota tim

Bangunlah kepercayaan antar anggota tim dengan menetapkan nilai-nilai yang harus dijalankan. Hal ini akan menjadi patokan bagi setiap anggota tim untuk bisa saling membangun kepercayaan yang satu dengan yang lain. Menepati janji untuk menyerahkan hasil kerja kepada anggota tim lain yang membutuhkan merupakan sikap unggul yang sangat membangun kerjasama dan juga kepercayaan satu dengan yang lain.

Sediakan waktu untuk rileks

Meskipun target yang harus dicapai tim begitu besar dan dibutuhkan kerja keras ekstra, namun bukan berarti anggota tim tidak bisa menikmati kebersamaan, meski hanya sekedar makan bersama, nongkrong, bercanda atau berbagi bersama tentang hal-hal di luar pekerjaan. Sebab hal itu bisa menjadi relaksasi sejenak untuk membangkitkan kembali semangat dan fitalitas yang baru sekaligus mempererat hubungan antar anggota tim.

Sama-sama mencari solusi untuk sebuah masalah

Salah satu kegagalan dalam kerjasama tim adalah saat tim tidak dapat menyelesaikan sebuah masalah bersama-sama, saling menyalahkan dan saling bermusuhan. Hal itu tentu saja menjadi penghambat bagi tim untuk mencapai tujuannya. Adalah bijak bila setiap persoalan yang muncul dalam sebuah tim bisa ditanggapi dengan bijaksana dan sama-sama bersepakat mencari solusi yang tepat. Misalnya, berdoa, saling menguatkan dan mencari jalan tengah yang meski berisiko namun sepakat untuk menganggungnya bersama-sama.

Hal terpenting yang menunjang kesuksesan kerjasama dalam tim adalah kesatuan untuk meraih tujuan bersama dan dukungan satu dengan yang lain.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik DI SINI.

Sumber : Detik.com/Marketing.co.id/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami