Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
2856


Dunia wirausaha atau entrepreneurship penuh dengan orang yang ingin dan mau mencoba, namun tidak bisa mewujudkan bisnis impiannya menjadi nyata. Mengapa demikian? Salah satu alasannya adalah banyak orang tidak tahun bagaimana mulai dari titik A ke titik B dalam dunia bisnis. Titik A atau awal adalah ide bisnis yang ada dipikiran seorang entrepreneur, sedangkan titik B adalah wilayah dimana bisnis terwujud dan mulai menghasilkan uang. Diantara A dan B tersebut adalah masa yang tersulit.

Salah satu strategi yang terbaik dalam memulai bisnis adalah menjadikan ide menjadi produk sesegera mungkin karena penundaan adalah pembunuh ide nomor satu. Kecepatan dan ketepatan akan membawa Anda masuk dalam dunia bisnis dengan baik. Untuk itu berikut adalah beberapa saran memulai usaha Anda :

1. Mulai saja

Lebih penting mulai daripada mulai dengan benar. Karena berpikir untuk memulai dengan benar kadang memakan waktu dan seringkali membuat beberapa orang akhirnya mundur secara teratur.... Jadi, mulailah!

- Tulis kode program aplikasimu!
- Belilah domain!
- Buat sketsa produknya!
- Buat desain prototype-nya!

Lakukan apa yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu, baru kemudian lanjutkan untuk memoles produk dan konsep bisnis Anda.

2. Jual apapun

Kadang beberapa orang tidak tahu apa yang akan dijualnya. Mereka tidak punya ide, mereka hanya ingin menjual sesuatu. Jadi, juallah apapun!

Banyak orang sukses yang menjual sesuatu yang tidak baru sama sekali. Namun mereka menjualnya dengan cara lebih baik atau  berbeda!

Contohnya : Sam Walton (Wal-Mart) menjual apapun yang bisa Anda temui di toko manapun. Ted Turner, dia menjual melalui siaran televisi dan iklan. Howard Schultz menjual kopi. Warren Buffet membeli dan menjual saham milik orang lain. Apa yang bisa Anda jual?

Untuk menjadi entrepreneur Anda tidak harus menjadi seorang penemu atau inovator. Anda hanya harus menjual sesuatu. Kisah Richard Branson memulai Virgin Air salah satu contoh inspiratif lainnya. Dia saat itu akan pergi ke Virgin Islands, namun penerbangannya di batalkan. Jadi dia mencarter pesawat, namun karena tidak memilia banyak uang inilah yang dilakukannya:

"Saya mengambil sebuah papan tulis kecil dan menulis "Virgin Airlines $29" dan mendekati orang-orang yang penerbangannya dibatalkan. Saya menjual sisa tiket penerbangan yang saya carter, dan menggunakan uangnya unutk membayar pesawat carteran dan kami semua tiba di Virgin Islands malam itu."

Jadi Anda mengerti pesannya? Mulailah dan juallah sesuatu. Apa saja!

3. Jangan kerjakan semuanya sendiri, pekerjakan orang lain!

Untuk menjadi entrepreneur bukan berarti Anda harus bisa semuanya. Contohnya Anda tidak harus membuat coding sendiri untuk memiliki website. Bayarlah orang lain untuk mengerjakannya. Ada banyak cara untuk mengalihkan pekerjaan pada orang lain, dan kadang biayanya pun sangat terjangkau.

4. Carilah rekanan

Memulai sebuah usaha bukan hanya tentang kerja keras, kadang-kadang kita membutuhkan orang lain untuk mewujudkan sesuatu. Orang yang memiliki visi dan impian yang sama. Mereka mungkin memiliki keahlian yang berbeda, namun bisa saling mengisi dan saling memberi inspirasi. Carilah rekanan yang mampu mendorong Anda untuk memberikan hasil yang terbaik, demikian juga sebaliknya.

5. Jangan fokus hanya pada uang

Jangan terlalu fokus dan kuatir tentang menghasilkan uang. Jika produk atau layanan Anda baik maka uang akan datang dengan sendirinya. Berkembang tidak selalu berbanding lurus dengan menghasilkan uang. Bertumbuh artinya membuat terobosan, melakukan perluasan, menjual lebih banyak dan melakukan banyak hal lainnya yang kadang membuat Anda investasi lebih banyak dari pada menghasilkan uang lebih banyak. Namun pada akhirnya hal tersebut akan menghasilkan. Jadi jangan takut untuk mengembangkan diri dan investasi di dalam hal itu.

6. Perluas jaringan Anda

Produk Anda tidak akan eksis jika tidak ada pelanggan, jadi mereka adalah salah satu jaringan yang Anda perlu jaga. Selain pelanggan, karyawan, rekan kerja dan juga para pemasok adalah klien yang perlu Anda jaga dan rawat. Perluas jaringan Anda, karena dengan demikian Anda memperbesar peluang Anda.

Memulai dengan cepat bukan berarti tanpa perencanaan. Namun ada awaktunya Anda untuk fokus mengejar tujuan Anda. Saat usaha sudah berjalan, maka Anda akan memiliki waktu untuk mulai menata ulang, membuat strategi dan melakukan inovasi untuk menjadikan bisnis Anda lebih baik dan lebih luas jangkauannya.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik DI SINI.

Sumber : Entrepreneur.com | Puji Astuti

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Isabel Frilia 18 October 2017 - 16:17:55

Mohon doanya bagi saya dan suami,saya punya anak s.. more..

1 Answer

vincent nichollas 16 October 2017 - 22:29:40

Kisah orang yang mau mengikuti Yesus

1 Answer

Andri Dut'z 16 October 2017 - 22:00:04

apakah lari dapat menyebabkan kematian?

1 Answer


ARI 19 October 2017 - 08:25:34
Dear Team Prayer, dukung saya dalam doa untuk sua... more..

Veronica Sitanggang 18 October 2017 - 21:15:29
Bantu dukungan doanya agar Tuhan memenangkan jiwa ... more..

Dessy Sitohang 16 October 2017 - 20:16:48
Saya mohon bantu doa nya agar saya diangkat jadi S... more..

Lamsihar Irüel 16 October 2017 - 18:34:21
Doakan Kesembuhan Ibu saya, kemarin tanpa sengaja ... more..

Banner Mitra Week  3


7318

advertise with us