Soal Seks, Anak Laki-laki Lebih Andalkan Google?

Marriage / 7 October 2015

Kalangan Sendiri

Soal Seks, Anak Laki-laki Lebih Andalkan Google?

Theresia Karo Karo Official Writer
5575

Hingga saat ini, pendidikan seks terhadap anak masih tetap dianggap sebagai hal yang tabu oleh sebagian besar orang tua. Padahal pemahaman tentang seks ini penting untuk diketahui anak dari sumber yang bisa dipercaya yaitu orang tua, bukannya dari pihak luar yang masih belum bisa dipastikan kebenarannya.

Para orang tua sebaiknya mengetahui bahwa, kebanyakan anak-anak terutama anak laki-laki memiliki pertanyaan tentang seks. Akan tetapi saat anak menanyakan hal ini, orang tua seringkali bingung dan malu untuk menjawabnya. 

Sehingga rasa ingin tahu anak cenderung semakin meningkat. Inilah yang menyebabkan anak laki-laki beralih pada sumber informasi yang tidak kompeten, seperti teman dekat, internet, hingga film porno. 

“Tidak seperti anak perempuan, anak laki-laki enggan mendiskusikan seks terlalu formal. Mereka lebih memilih mengandalkan Google dan teman yang seumuran atau yang lebih tua. Itu berbahaya, terutama jika orang tersebut tidak ahli,” ungkap psikolog keluarga asal India, Janki Mehta, seperti yang dilansir dari Liputan6.com (1/10). 

Kondisi demikian, membuat anak laki-laki merasa yang paling tahu tentang seks. Namun pada kenyataannya, mereka hanya menyerap informasi dari teman atau artikel bebas di internet. Menurut Janki Mehta, hal inilah yang menyebabkan banyak anak keliru dalam memaknai seks itu sendiri.

Sehingga anak-anak ini berpikir bahwa mereka dapat menggunakan ilmu itu kapan saja dan dengan siapa saja. Inilah yang kemudian menjadi pemicu terjadinya pernikahan dini, akibat hamil di luar nikah. 

Mengkomunikasikan pendidikan seks yang benar kepada anak merupakan satu tindakan yang dibutuhkan dalam pembekalan untuk bertanggungjawab terhadap dirinya di masa depan. Di sinilah tugas orang tua untuk menyampaikan segala hal tentang seks dan kesehatan reproduksi kepada anak yang sesuai dengan pemahaman mereka.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Liputan6/Sindonews.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami