6 Tipe Pria yang (Katanya) Tidak Akan Selingkuh

6 Tipe Pria yang (Katanya) Tidak Akan Selingkuh

Theresia Karo Karo Official Writer
4547

Pasti setiap kita berharap agar disandingkan dengan pasangan yang setia dan mampu menjaga komitmen. Akan tetapi tidak ada teori yang menjamin apakah seseorang tidak akan pernah selingkuh. 

Dibandingkan wanita, pria dianggap lebih sering berselingkuh. Sejak terungkapnya nama-nama pengguna situs perselingkuhan Ashley Madison oleh aksi hacker, dunia juga terkejut melihat banyaknya dominasi pengguna pria di situs tersebut. 

Meskipun begitu, bukan berarti semua pria tidak setia. Terdapat studi yang menjelaskan beberapa karakteristik pria yang (katanya) tidak akan berselingkuh. Berikut enam diantaranya:

1. Penghasilan yang sama

Pria yang berpenghasilan setara dengan Anda disebut sebagai pasangan yang tidak akan berselingkuh. Studi terbaru yang dimuat dalam jurnal American Sociological Review ini menyebutkan bahwa pria justru lebih cenderung berselingkuh saat penghasilannya lebih tinggi atau lebih rendah dari penghasilan pasangan. 

2. Pergaulan

Perselingkuhan mungkin terjadi karena pengaruh dari teman atau lingkungan Si dia bergaul. Penulis buku The Truth About Cheating, M Gary Newman mengungkapkan bahwa seseorang lebih berpotensi untuk selingkuh bila teman-temannya juga bersikap serupa. Dan berlaku sebaliknya, bila kekasih Anda bergaul dengan orang-orang yang setia maka kemungkinan besar pasangan juga termasuk setia. 

3. Merasa dicintai dan dipercaya

Studi oleh Newman menemukan bahwa sebagian besar pria memilih selingkuh karena mencari kepuasan emosional, yaitu perasaan dicintai dan dipercaya. Saat mereka merasa terpuaskan secara emosional, maka perselingkuhan dapat terhindarkan. 

4. Tipe ekstrovert

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pria dengan tipe introvert lebih mungkin berselingkuh. Dikarenakan mereka cenderung lebih mudah terpengaruh saat orang lain menawarkan untuk menjalin hubungan tersebut. Sedangkan orang dengan tipe ekstrovert lebih enggan dipengaruhi orang lain. 

5. Karakteristik wajah

Menurut sebuah studi, para ahli menemukan bahwa seseorang yang bisa dipercayai tidak akan selingkuh adalah seseorang yang memiliki wajah dan penampilan yang tidak terlihat seperti yang suka berselingkuh. Mungkin bisa juga dibantu dengan mengandalkan insting sendiri dan nurani pasangan Anda. 

6. Selera musik metal 

Pecinta musik heavy metal cenderung tidak mudah selingkuh. Hal ini terungkap dari studi yang dibuat oleh harian Mirror. Tidak diterangkan lebih jelas alasannya. Meskipun begitu, selera musik disebut memberi pengaruh terhadap kemungkinan seseorang akan selingkuh atau tidak. 

Meskipun begitu, semua kembali lagi pada pilihan individunya. Memilih untuk selingkuh atau setia, adalah keputusan seseorang. Penting untuk diingat bahwa sebosan apapun Anda dalam menjalani hubungan, setia tetap menjadi patokan untuk kebahagiaan di masa depan. Atau bila memang sudah tidak lagi menemukan ‘rasa’ tersebut pada pasangan, akan lebih baik untuk ikhlas dan melepaskan diri, bukan justru menambah luka. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Let share! Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.
Sumber : Kompas/Jawaban.com by tk

Ikuti Kami