Noted! Kemampuan Bahasa Asing Mampu Tingkatkan Karir
Sumber: www.careerealism.com

Career / 30 September 2015

Kalangan Sendiri

Noted! Kemampuan Bahasa Asing Mampu Tingkatkan Karir

Lori Official Writer
77432

Sukses di dunia kerja ternyata tidak semata-mata hanya didukung oleh wawasan, keahlian, dan pengalaman. Kesuksesan di dunia kerja juga dipengaruhi oleh kemampuan penguasaan bahasa seseorang loh!  

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa para pekerja profesional yang memiliki kemampuan berbahasa dengan baik bisa memperoleh gaji antara 30-50% lebih tinggi. Selain itu, mereka yang juga menguasai lebih banyak kosakata ternyata memiliki kesempatan besar sukses dalam hidupnya.

Penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris, Prancis, Mandarin dan Jerman, ini sangat dibutuhkan dalam bidang-bidang kerja seperti pada instansi pemerintah, industri traveling, pendidikan, teknik, komunikasi, hukum, ekonomi dan iklan. Karyawan dengan penguasaan bahasa minimal bilingual atau menguasai dua bahasa asing, dinilai sangat menguntungkan perusahaan karena bisa diandalkan saat melakukan hubungan kerja dengan mitra bisnis dan klien asing.

Tak peduli apa bidang karir yang sedang Anda geluti saat ini. Penguasaan bahasa tetaplah penting karena bisa dimanfaatkan sebagai skill lain yang bisa Anda gunakan untuk hal lainnya.   Untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing Anda, bisa melakukan beberapa hal ini, seperti:

1. Membaca literatur dalam berbagai bahasa berdasarkan bidang yang diminati. Biasakanlah untuk terus mengasah kemampuan bahasa setiap hari, agar semakin fasih dan mahir dalam penguasaan bahasa.

2. Ikuti seminar bahasa yang tersedia. Untuk hal ini, setiap peserta akan terlebih dahulu diminta membuat karya tulis atau makalah yang tentunya didukung oleh berbagai literatur. Jika seminar ini berskala Nasional dan International, peserta tentunya harus dipaksa untuk bisa berbahasa asing, khususnya Inggris. Andaikata seminar berskala lokal saja, maka makalah atau karya tulis yang disusun dengan menggunakan kutipan bahasa asing akan jauh lebih dihargai dan dianggap baik.

3. Ikuti training penulisan dalam bahasa asing. Ini tentunya akan sangat menantang, khususnya Anda yang belum pernah mencoba. Skala training bisa menentukan seberapa jauh penguasaan bahasa yang Anda miliki. Untuk mempersiapkan hal itu, Anda akan dituntut untuk membaca beragam buku-buku dalam bahasa asing. Sehingga kaya akan perbedaharaan kata yang bisa Anda gunakan untuk menulis atau berkomunikasi.

4. Ikuti kursus bahasa asing baik dari perusahaan atau lembaga kursus dari luar. Banyak perusahaan menyadari pentingnya penguasaan bahasa bagi karyawannya. Sehingga sejumlah perusahaan tak segan-segan memfasilitasi karyawan untuk belajar bahasa secara gratis di kantor. Namun bagi Anda yang tidak mendapatkan kursus tambahan ini di kantor, bisa mengambil kursus sendiri di luar bila Anda benar-benar menyadari bahwa penguasaan bahasa asing lainnya akan menambah nilai Anda dalam pekerjaan.

Banyak orang yang mengakui bahwa mereka yang komunikatif dan kaya akan kosakata akan lebih menyenangkan diajak kerjasama dibanding mereka yang pintar tetapi tidak fasih berkomunikasi. Hal ini tentu juga berlaku dalam dunia kerja. Jika demikian, tak ada alasan bukan untuk menyia-nyiakan waktu belajar?

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami