Supaya Langgeng, Terapkan 7 Prinsip Ini Dalam Pernikahan
Sumber: Fatherhoodchannel.com

Marriage / 21 September 2015

Kalangan Sendiri

Supaya Langgeng, Terapkan 7 Prinsip Ini Dalam Pernikahan

Lori Official Writer
8218

Menurut penelitian, masa-masa pernikahan tersulit yang dilewati oleh pasangan suami istri adalah di tahun pertama sampai kelima pernikahan. Meski pada awalnya pernikahan dibangun dengan cinta antara kedua belah pihak, bukan berarti pernikahan akan terlepas dari badai yang kadang kala datang menerpa. Cinta juga membutuhkan pelengkap-pelengkap lain untuk menyempurnakan pernikahan.

Berikut 7 prinsip yang harus Anda terapkan dalam kehidupan pernikahan Anda:

#1 Tetap romantis

Mungkin sebagian pasangan menganggap ini adalah sesuatu yang tidak terlalu berarti. Tetapi faktanya hal ini justru bisa menjadi bahan bakar untuk menyalakan kembali api cinta dalam pernikahan Anda. Tak perlu hal-hal yang berlebihan, lakukan saja dengan spontan, seperti memberi kejutan-kejutan kecil yang terasa romantis sekali waktu. Atau dengan menyisihkan waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama.

#2 Saling Berdiskusi

Berbicara tentang setiap masalah yang dihadapi berkontribusi menjadi kesehatan hubungan. Sebab bagaimana pun komunikasi adalah hal utama yang harus dirawat dalam hubungan. Jangan pernah merasa kehilangan topik pembicaraan dengan pasangan saat tengah berada di rumah. Justru di saat-saat bersamalah Anda memiliki kesempatan berbicara secara terbuka dan saling mendukung ketika suatu masalah terjadi.

#3 Memberi tanpa batas

Suami istri yang saling mencintai pasti akan memberikan apa saja yang terbaik untuk kebahagiaan pasangannya. Memberi tanpa batas menjadi bukti cinta yang tulus. Berikanlah cinta, perhatian, kasih sayang, tindakan untuk melindungi, kebutuhan hidup dan kenyamanan. Semua itu menjadi bukti bahwa Anda benar-benar memiliki komitmen untuk menjadi seseorang yang bisa diandalkan pasangan Anda.

#4 Mengasihi dengan Tulus

Tunjukkanlah perasaan Anda dengan terus terang. Kasihi pasangan dengan kejujuran hati, bukan dengan bersandiwara atau berpura-pura. Dalam kondisi yang sulit sekalipun, adalah penting untuk menyegarkan kembali jalinan cinta terus menerus.

#5 Mendoakan tanpa henti

Saat memutuskan untuk menikah, Anda sudah meyakini bahwa dia adalah pasangan tepat dari Tuhan. Namun begitu, bukan berarti pernikahan akan selalu mulus, Anda bisa saja menemukan ketidakcocokan atau perselisihan dengan pasangan. Untuk itu Anda sebaiknya meminta pimpinan dari Tuhan dalam menjalani pernikahan tersebut. Adalah tugas masing-masing pasangan untuk saling mendoakan dengan tak putus-putusnya dan meminta Tuhan untuk membimbing keduanya dalam menjalani bahtera rumah tangga itu.

#6 Memaafkan tanpa dendam

Dalam kehidupan pernikahan, pihak yang kerap disakiti pastinya adalah wanita. Dalam konflik atau perselisihan tertentu, cobalah untuk memaafkan pasangan dan mencoba menyelesaikan masalah dengan bijaksana. Jangan biarkan dendam merasuki hati Anda, jika pasangan benar-benar mengaku bersalah dan minta maaf, tetaplah memberi pintu maaf. Jangan sampai keegoisan Anda menghancurkan pernikahan impian Anda tersebut.

#7 Bertanggung jawab tanpa bersungut-sungut

Setiap pasangan telah tentu saja punya tanggung jawab masing-masing saat sudah menikah. Suami sebagai kepala keluarga, misalnya, harus bekerja demi memenuhi nafkah keluarga. Sedang istri harus mengurusi anak dan suaminya, belum lagi sebagian dari istri memilih untuk membantu suami memenuhi kebutuhan rumah tangga. Tak mudah memang mengemban tanggung jawab tersebut, namun bukan berarti Anda harus bersungut-sungut saat mengerjakannya.  

Sumber : Keluarga.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami