Soal Pengungsi, Presiden Suriah Salahkan Negara Barat

Nasional / 17 September 2015

Kalangan Sendiri

Soal Pengungsi, Presiden Suriah Salahkan Negara Barat

daniel.tanamal Official Writer
4463

Presiden Suriah Bashar Al-Assad menyatakan bahwa gelombang pengungsi besar-besar yang kini terjadi dan melanda Eropa terjadi akibat dukungan negara-negara barat kepada teroris. Dirinya menambahkan bahwa Eropa kemungkinan besar akan kedatangan lebih banyak warga Suriah yang melarikan diri dari perang di negaranya.

Seperti diketahui sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat, Turki dan Arab Saudi mendukung kelompok oposisi dalam perang saudara di Suriah yang telah berlangsung selama empat tahun. Assad menilai Turki mendukung pertumbuhan dua kelompok pemberontak terbesar di Suriah, yaitu kelompok militan ISIS dan Front al-Nusra. Turki menyangkal tuduhan itu.

Assad juga menilai koalisi serangan udara yang dipimpin Turki gagal menghentikan pergerakan ISIS. Presiden Suriah menolak anggapan Barat bahwa pemerintahannya yang memicu warga Suriah berbondong-bondong mencari kehidupan yang lebih baik di Eropa. "Selama mereka mengikuti propaganda ini, mereka akan kedatangan lebih banyak pengungsi. Jika Anda peduli pada kondisi mereka, berhentilah mendukung teroris," kata Assad, Rabu (16/9)

Pemerintah Suriah menganggap semua kelompok bersenjata yang melawan pemerintahan adalah teroris. Sementara menurut negara Barat, terdapat berbagai kelompok pemberontak di Suriah, mulai dari ISIS yang mengusung Islam garis keras, hingga kelompok nasionalis yang dipandang moderat oleh Barat.


Sumber : cnnindonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami