Gaya Hidup Orang Tua Pengaruhi Kebiasaan Makan Anak
Sumber: Google

Parenting / 11 September 2015

Kalangan Sendiri

Gaya Hidup Orang Tua Pengaruhi Kebiasaan Makan Anak

Theresia Karo Karo Official Writer
6336
Sebagian besar orangtua terutama para ibu mungkin pernah mengalami masa sulit saat anak tidak mau makan atau hanya mau makan makanan tertentu. Kesulitan makan pada balita ini biasa disebut dengan picky eater. Hingga tanpa disadari orang tua kemudian memaksa anak untuk makan makanan yang mendukung nutrisi demi pertumbuhannya, seperti sayuran dan semacamnya.

Menurut pakar nutrisi Australia Kate Di Prima, terdapat beberapa alasan yang menjadi penyebab anak menjadi picky eater. “Penyebab hal yang paling mungkin anak jadi pemilih soal makan karena diberikan makanan mengandung gula dan garam terlalu dini. Lalu, orangtua waktunya tidak tepat kapan mulai memberikan makanan bertekstur padat. Kemudian, gaya hidup orangtua yang sibuk sehingga berdampak terhadap kebiasaan makan bersama anak."

Dilansir dari The Sydney Morning Herald, diketahui anak mulai rewel makan saat menginjak usia 11-12 bulan. Dan pada saat orang tua semakin memaksa makan, maka anak akan semakin menolak. Sebaliknya, saat orang tua sering menggoda anak dengan makanan ringan, maka hal ini membuat anak mengenal makanan yang enak di lidah mereka.

“Orangtua juga sering mengalah dan membiarkan makanan yang disukai anak demi mereka mau makan. Hal ini malah membuat anak jadi makin rewel kala dikasih makanan lain yang ia tidak sukai,” jelas Di Rima.

Untuk itu, dirinya menyarankan agar orang tua tetap memberikan makanan yang sehat walaupun anak agak rewel. Karena rasa lapar akan membuatnya mengkonsumsi makanan tersebut. Akan tetapi pastikan agar orang tua tidak terlalu lama membiarkan anak kelaparan. Berikut beberapa trik agar anak memiliki perilaku dan pola makan yang baik:

Biasakan Makan Bersama Anak
Kadang jadwal makan anak dan orang tua berbeda. Namun sebaiknya anda mulai membiasakan untuk melibatkan anak makan bersama. Sehingga Si kecil bisa melihat bagaimana kita makan, tingkah laku, dan pola makan orang tuanya. Sehingga dia dapat mencontoh dan melakukan hal yang sama.

Mengajak Anak Bermain dengan Alat Dapur
Ketika anda sedang menyiapkan makanan, anda juga bisa mengajaknya untuk ikut bermain dengan alat-alat dapur seperti sendok, garpu, piring, dan lainnya. Jangan takut bila akan berantakan nantinya, karena itu adalah hal yang wajar.

Sehingga nantinya anak tidak canggung dan nyaman saat di meja makan. Meskipun begitu, penting bagi orang tua untuk memperhatikan alat-alat makan yang dirasa berbahaya.

Ajarkan Table Manner pada Anak
Ajarkan hal yang dasar, seperti menyiapkan serbet untuk dipakai agar makanan tidak mengotori pakaiannya. Libatkan Si kecil dalam sopan santun di meja makan secara perlahan.

Libatkan Anak Belanja Bahan Makanan
Sesekali libatkan anak untuk berbelanja bersama. Sambil membeli bahan makanan, anda bisa menjelaskan buah atau sayur apa yang di beli. Sehingga akan meningkatkan rasa ingin tahunya terhadap makanan yang akan di santapnya nanti.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Let share! Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.


Sumber : Fimela/Liputan6.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami