Brain Food, 8 Nutrisi yang Dibutuhkan Otak

Health / 11 September 2015

Kalangan Sendiri

Brain Food, 8 Nutrisi yang Dibutuhkan Otak

Theresia Karo Karo Official Writer
6960

Konsumsi makanan yang baik tentu berpengaruh untuk kesehatan secara fisik dan mental. Otak ternyata juga membutuhkan nutrisi yang sama untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Brain Food menjadi julukan untuk makanan yang menjadi sumber nutrisi dan gizi yang dibutuhkan otak.

Buah Berry

Tufts University di Amerika Serikay membuktikan bahwa dengan konsumsi blueberry, efektif dalam meningkatkan atau menunda hilangnya memori jangka pendek. Selain itu, masih ada strawberry, cherry, dan blackberry yang juga mengandung anti oksidan tinggi serta vitamin C. Biji buah ini ternyata juga kaya akan asam lemak omega-3.

Salmon

Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 seperti EPA dan DHA. Asam lemak ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh dan harus diperoleh dari makanan. Riset menunjukkan bahwa konsumsi asupan lemak omega-3 lebih banyak berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan otak.

Telur dan Daging Sapi Tanpa Lemak

Sumber protein ini sangat gampang ditemukan dan relatif murah. Kandungan kolin adalah suatu zat yang dapat membantu perkembangan daya ingat. Nutrisi ini didapat dari kuning telur. Daging sapi tanpa lemak mengandung zat besi yang dapat membantu untuk berkonsentrasi dan berenergi selama melakukan aktivitas.

Kacang

Makanan yang satu ini kaya akan serat, vitamin dan mineral. Selain itu, juga mampu mempertahankan energi dan kemampuan berpikir. Kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega-3. Pilihan kacang berwujud selai juga baik untuk melindungi membran-membran sel saraf. Thiamin dan vitamin E yang terkandung di dalamnya membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

Gandum Murni

Otak membutuhkan suplai glukosa yang bersifat konstan, dan kandungan ini diperoleh dari gandum murni. Makanan ini membantu mensuplai pelepasan glukosa dalam tubuh dan vitamin B nya mampu memelihara kesehatan sistem saraf.

Biji Labu

Zat seng dalam segenggam biji labu penting untuk meningkatkan memori dan kemampuan berpikir.

Sayuran

Vitamin K yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kemampuan otak. Selanjutnya, tomat dengan kandungan lycopene, ternyata dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel-sel dalam pengembangan demensia, terutama Alzheimer. Selain dua sayur tadi masih ada labu, wortel, bayam, yang kaya nutrisi untuk menguatkan sel-sel otak.

Susu dan Yoghurt

Makanan yang berasal dari produk susu ini mengandung protein dan vitamin B tinggi. Kedua nutrisi ini penting utuk pertumbuhan otak.

Berbagai bahan makanan ini dapat dengan mudah didapatkan. Ternyata bukan hanya tubuh yang perlu diperhatikan nutrisi nya, tetapi otak juga. Penuhi nutrisi otak dan rasakan manfaatnya. Selamat mencoba.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Let share! Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Berbagai sumber by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami