Modal 10 Juta, He Xiangjian Kini Jadi Orang Terkaya Ke-9 di Cina
Sumber: www.worldsrichpeople.com

Profile / 4 September 2015

Kalangan Sendiri

Modal 10 Juta, He Xiangjian Kini Jadi Orang Terkaya Ke-9 di Cina

daniel.tanamal Official Writer
6404

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style>

Tahukah anda bahwa orang terkaya nomor 9 di Tiongkok, ketika memulai bisnisnya hanya mempunyai modal 5000 yuan atau jika dirupiahkan sekitar 10 juta rupiah diwaktu itu? Dialah He Xiangjian! He Xiangjian mendirikan Mideo Group dengan nilai modal diatas.

Bersama 20 rekan kerjanya, dia membuat pabrik kemasan plastik kecil dan spare part mobil di Shunde, Tiongkok pada tahun 1968. Bukan berarti hanya dengan modal sedikit dan tekad yang kuat, He Xiangjian langsung mendapatkan kesuksesan. Selama 10 tahun, Xiang harus bekerja gitu-gitu aja. Pada tahun 1980, dia baru memulai melebarkan sayap dari pabrik kemasan ke peralatan elektronik rumah tangga. Jadi dia membutuhkan waktu sekitar 12 tahun untuk mendapatkan ide yang mengantarkan dirinya seperti sekarang.

Baru pada tahun 1980 itu, dia menemukan bisnis yang tepat. Produk baru yang dikembangkannya yaitu kipas angin dan mendapatkan penjualan yang cukup banyak. Lalu, 5 tahun kemudian dia mendapatkan ide untuk mengembangkan AC. Bahkan sampai sekarang, AC merupakan produk andalan dari Mideo.

Sekedar informasi, Mideo mepunyai sekitar 138 ribu karyawan di seluruh dunia dan tentunya bukan perkara mudah untuk menyatukan visi dengan jumlah karyawan sebanyak itu diseluruh dunia. Maka dari itu, standard yang diciptakan oleh He Xiangjian sangat tinggi. Setiap manajer yang membawahi ratusan karyawan harus berumur dibawah 36 tahun. Hal ini bertujuan untuk menciptakan etos kerja yang bagus.

Bahkan dibeberapa wawancara, He Xiangjian mengatakan bahwa kesuksesannya  berasal dari sumber daya manusia yang dimilikinya. Bahkan, sekarang He Xangjian telah mundur dari pimpinan Mideo karena sadar bahwa dirinya sudah terlalu tua untuk memimpin perusahaan. Diluar kebiasaan para pemimpin perusahaan, sekarang He Xiangjian mempercayakan pucuk pimpinan kepada yang bukan anggota keluarganya. Padahal, di Tiongkok sendiri sangat kental dengan aroma perusahaan keluarga.

Seperti yang dilakukan oleh orang terkaya lain, ketika sudah menguasai pasar domestik, akan dengan mudah mendapatkan pasar di luar Tiongkok. Kenapa? Karena penduduk Tiongkok sangat banyak. Setelah sukses mendominasi pasar di Tiongkok, Mideo mulai memasuki pasar global. Tetapi itu dilakukan Mideo baru-baru ini. Baru di ahir tahun 90an, Mideo mulai memasuki pasar Korea Selatan. Pada saat itu ekspor dari Mideo cukup kecil karena merupakan pasar yang baru. Baru pada awal tahun 2000, Mideo mulai masuk kepasar Asia Tenggara. Bahkan tahun 2007 kemarin, Mideo membuka pabrik di Vietnam. Sekarang kekayaan dari He Xiangjian adalah 6.7 miliar dolar.



Sumber : studentpreneur
Halaman :
1

Ikuti Kami