Reaksi Tubuh Setelah Rutin Makan Junk Food dalam Seminggu
Sumber: Wsatakuliner.com

Health / 4 September 2015

Kalangan Sendiri

Reaksi Tubuh Setelah Rutin Makan Junk Food dalam Seminggu

Theresia Karo Karo Official Writer
5525

Seorang sutradara bernama Morgan Spurlock menunjukan reaksi tubuhnya saat sebulan penuh mengkonsumsi makanan junk food dalam film dokumenter yang berjudul ‘Super Size Me’.

Film yang dibuat pada tahun 2004 tersebut dengan jelas memperlihatkan efek pola makan yang tidak sehat. Spurlock merasa bahwa dampaknya mencakup kenaikan berat badan, disfungsi seksual, hingga  perubahan emosi dalam waktu singkat atau disebut juga dengan mood swing

Saat ini mungkin banyak stand fast food yang mencantumkan kata ‘lebih sehat’ dalam menunya, namun hal ini tidak begitu berpengaruh. Sebab junk food tetap berkontribusi dalam penimbunan gula, kalori, dan lemak di tubuh Anda.

Percobaan konsumsi junk food juga dilakukan oleh penulis di Femail, Phoebe Jackson Edward (24). Dalam menu makannya selama 7 hari, Edward selalu mengkonsumsi junk food, antara lain pizza, ayam goreng, burger, sandwich, kentang goreng, termasuk soft drink.

Dia mengungkapkan bahwa pola makan tidak sehat ini telah membuat kulitnya kusam, dan bahkan melipat gandakan lemak di tubuhnya. Hal ini dibuktikannya dengan hasil pemeriksaan kondisi kulit dan pengukuran lemak yang jauh berbeda dari hasil pemeriksaan kesehatan sebelum dirinya mengkonsumsi junk food selama satu minggu penuh.

Dijelaskan oleh Edward, pada hari keempat percobaannya dia merasa bahwa pengaruh junk food juga turut mempengaruhi kelabilan mood-nya. Ditambah dengan, kondisi kulit muka yang lebih berminyak dan kerap merasa kelelahan meski telah cukup istirahat.

Memasuki hari keenam, dia merasa bahwa level energinya sangat rendah. Dan setelah seminggu, Edward mengaku bahwa dia tidak lagi mengenali dirinya sendiri. Sebab dirinya berubah menjadi seseorang yang susah fokus, gampang tersinggung, dan tidak sabaran.

Selain itu, perubahan pada kulit yang semakin berminyak juga ditunjukkan oleh kondisi kulit kepalanya. Edward mengungkapkan bahwa dirinya menjadi lebih sering keramas akibat rambut yang gampang lepek.

Junk food merupakan makanan dengan kandungan nutrisi yang tidak seimbang, porsi karbohidrat simpel, gula, garam, lemak yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan protein, serat, mineral, vitamin, atau pun air. Dari dua percobaan tadi, kita telah ditunjukkan berbagai dampak buruk akibat pola makan tidak sehat.

Makanan cepat saji ini mungkin terasa enak di lidah. Meskipun begitu junk food tidak juga berarti ‘enak’ bagi tubuh. Alangkah baik hindari atau kontrol diri Anda dalam mengkonsumsi jenis makanan ini. Terlepas dari jenis junk food apapun, makanan yang satu ini berpotensi merusak kehidupan akibat dampak buruknya terhadap kesehatan.


Sumber : Kompas/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami