3 Bahaya Pencemaran Ini Wajib Diwaspadai Orang Tua
Sumber: Google.com

Parenting / 31 August 2015

Kalangan Sendiri

3 Bahaya Pencemaran Ini Wajib Diwaspadai Orang Tua

Theresia Karo Karo Official Writer
3331

Tanpa di sadari, beberapa tindakan yang orang tua anggap sebagai sikap sayang kepada anak justru membahayakan kondisi kesehatan mereka. Kepala Pusat Teknologi Intervensi Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia D Anwar Musadad mengungkapkan terdapat beberapa hal yang dilakukan orang tua yang tanpa sengaja berpotensi meracuni anak.

Dalam seminar yang bertajuk, “Lindungi Buah Hati Kita dari Bahaya Pencemaran”, Anwar menyampaikan bahwa secara sadar atau tidak, beberapa tindakan ini berpotensi meracuni Si kecil bila dibiarkan terlalu lama. Mungkin hingga saat ini, hal tersebut masih kita lakukan. Oleh sebab itu penting bagi orang tua untuk mengetahui tiga sikap sayang orang tua yang ternyata berbahaya bagi kesehatan anak:

Menempatkan Si kecil di bagian depan motor saat berkendara

Saat para orang tua berkendara menggunakan sepeda motor bersama Si kecil, kita mungkin sering melihat anak ditempatkan di bagian depan, entah itu duduk atau berdiri. Sebagian dari kita mungkin merasa bahwa hal itu dilakukan demi keamanan anak, namun kenyataannya tidak demikian.

"Asap kendaraan mengandung timbal. Jika terhirup oleh si kecil, apalagi jika itu terlalu sering, berakibat pada gangguan saraf. Tentu anak berisiko mengalami penurunan kecerdasan,” paparnya dalam seminar yang diadakan di Kuningan, Jakarta, pekan lalu (24/8) tersebut.

Menidurkan anak sambil memasak

Multitasking dalam menjalan pekerjaan rumah tangga mungkin bisa meringkaskan dan menyelesaikan tugas dalam waktu yang efektif. Namun sebelum melakukan dua hal ini sekaligus, sebaiknya pikirkan lagi. Menidurkan anak di dekat dapur sambil memasak disebut Anwar berbahaya karena berpotensi menyebabkan gangguan pernapasan bagi buah hati Anda.

Semprot cairan anti serangga di kamar anak

Anwar menyarankan agar orang tua tidak langsung menidurkan Si kecil sesaat setelah kamar selesai di semprot cairan anti serangga. Akan lebih baik bila rentang waktu dari menyemprot dan menidurkan anak lebih panjang. Sebab bahan kimia yang terkandung dalam cairan tersebut berbahaya dan berpotensi meracuni anak bila dihirup langsung.

“Kalau mau menyemprot kamar anak, bawa si anak keluar dulu. Setelah beberapa lama, bersihkan tempat tidur si anak. Barulah Si anak ditaruh di atas tempat tidurnya. Jangan menyemprot pas anak juga berada di kamar. Nyamuk yang mati, jatuh ke kasur. Kasurnya nggak dibersihin, kena kepada anak,” paparnya. 


Sumber : Liputan6/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami