Berkarir di Dunia Musik, Kenapa Tidak?

Berkarir di Dunia Musik, Kenapa Tidak?

Lori Official Writer
5584

Kisah perjalanan kesuksesan yang dicapai oleh sejumlah penyanyi di belantika musik tentu saja berbeda-beda. Mereka tak hanya sekedar memiliki suara bagus atau mahir memainkan beragam alat musik saja, tetapi bagaimana membangun karir tersebut dengan mengambil beragam peluang yang ada.

Sejumlah penyanyi ternama, sebut saja diantaranya Raisa Andriana dan Judika Sihotang, tidak serta merta melambung menjadi penyanyi idola jika tidak melewati proses panjang menuju tahap tersebut. Raisa, misalnya, yang harus berjuang keras meraih sukses berkarir di belantika musik Indonesia. Ia mulai menggeluti pekerjaan sebagai vokalis di band bernama Andante, bentukan putra musisi Addie MS, Kevin Aprilio. Lalu ia juga harus menggeluti pekerjaan sebagai wedding singer di acara pernikahan. Hingga pada akhirnya berteman dengan banyak musisi dan ditawari kerja sama dengan seorang produser yang mengerjakan album pertama Raisa. Lagu pertama berjudul ‘Serba Salah’ akhirnya membawa nama Raisa melambung tinggi. Ia menjadi salah satu penyanyi idola anak muda saat ini.

Kisah perjuangan serupa juga dilewati oleh seorang Judika Sihotang. Pelantun lagu ‘Bukan Rayuan Gombal’ ini ternyata tidak mencapai kesuksesan dengan cara instan. Kegemaran bernyanyi sudah disadari sejak kecil, dan sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD) ia sudah ikut bergabung dalam vocal grup. Kemudian ia menjajal bakatnya menyanyi di kompetisi lokal dan sukses menjadi juara. Tak berhenti di sana, Judika lalu maju terus untuk meraih mimpinya sebagai penyanyi profesional. Ajang Indonesian Idol akhirnya menjadi kesempatan besar dirinya untuk semakin menyakini bahwa dunia musik adalah karir yang akan digelutinya dengan serius. Kini, kita menyaksikan pria satu anak ini telah diakui sebagai penyanyi profesional.

Ada banyak anak muda yang saat ini mungkin sedang bimbang tentang keputusannya menekuni dunia musik yang tampak berjalan begitu lambat. Namun kisah kedua penyanyi muda di atas bisa menjadi pendorong bagi anak muda yang bertekat untuk membangun karir profesionalnya di dunia musik. Mungkin tidak dengan jalan yang sama, tetapi pada umumnya para penyanyi kawakan yang kita kenal meraih sukses di belantikan musik dengan langkah berikut:

Menyadari bakat sejak dini. Bakat hanya berperan 1% dari kesuksesan seseorang, selebihnya adalah kerja keras dan latihan. Nah, ketika Anda sudah menyadari bahwa suara atau kemampuan bermusik Anda baik, tetaplah berlatih. Ikuti berbagai paduan suara atau kursus musik untuk semakin mengasah bakat itu menjadi lebih baik.

Ikut terlibat dalam kegiatan berbau musik. Ikut serta dalam sebuah acara atau kegiatan yang berhubungan dengan musik akan menjadi kesempatan besar bagi Anda mengasah bakat tersebut dan menunjukkan kepada banyak orang bahwa Anda berbakat dalam dunia tarik suara atau memainkan alat musik tertentu. Misalnya, ikut dalam kelompok paduan suara sekolah atau gereja, bersedia menjadi wedding singer di acara pernikahan atau menjadi pengisi acara di sebuah kegiatan kurikuler sekolah.

Mencoba Peruntungan di ajang musik. Banyak anak muda yang memiliki bakat besar dalam musik, namun tidak mendapat kesempatan untuk mengembangkannya. Kendalanya bisa karena dana, sedikit kenalan, minim peluang dan sebagainya. Jika sebagian penyanyi tenar lantaran memiliki banyak jaringan atau dana yang cukup untuk mencetak album, maka Judika memilih untuk mengambil peluang ketika ajang musik Indonesian Idol ada. Siapa sangka hal itu akhirnya sukses menjadi Runner-Up yang melejitkan namanya.

Punya ciri khas tersendiri. Banyak sekali penyanyi yang hanya sekedar memiliki kemampuan namun tidak punya ciri khas tertentu yang menandakan identitas dirinya. Mereka hanya menjadi pengikut dari tren yang sedang ada. Penyanyi yang tidak memiliki identitas tersendiri tidak akan bertahan lama, bedakan dengan mereka yang punya ciri khas, misalnya Iwan Fals, Payung Teduh, Mocca atau Ten 2 Five.

Jika saat ini Anda sudah menemukan panggilan dalam hidup Anda di bidang musik, jangan pernah ragu untuk terus maju. Meski persaingannya begitu ketat dan tidak mudah, yakinkan diri bahwa berkarir di bidang musik adalah pilihan tepat dan akan membawa Anda mencapai sukses. Selamat mencoba!

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami