Gunakan Es Redakan Cidera Ternyata Keliru!
Sumber: Triathloncraft.com

Health / 25 August 2015

Kalangan Sendiri

Gunakan Es Redakan Cidera Ternyata Keliru!

Lori Official Writer
2641

Saat sedang bermain sepak bola dan mengalami cidera atau luka, banyak orang yang akan menggunakan es batu untuk mengurangi pembengkakan dan mempercepat penyembuhan. Selain itu, para peneliti baru-baru ini juga menemukan bahwa menggunakan es batu ke bagian otot yang cidera ternyata bisa meredakan rasa sakit.

Sementara temuan lain yang dipublikasikan dalam Pertemuan Eksperimen Biologi 2015 di Boston, peneliti Australia menyampaikan hasil penelitiannya tentang dampak penggunaan es batu pada cidera otot terhadap pembentukan pembuluh darah baru dan jangka waktu pemulihan.

Para peneliti membuktikannya dengan melakukan riset kepada dua kelompok tikus yang mengalami cidera otot. Satu kelompok tikus menerapkan es di bagian luka lima menit setelah kejadian dan membiarkannya selama 20 menit. Sedang kelompok tikus lainnya tidak menggunakan es sama sekali. Alhasil, mereka menemukan fakta mengejutkan bahwa cidera tikus yang menggunakan es justru mengalami kesembuhan yang lebih lambat dibanding dengan cidera otot pada tikus yang tidak menggunakan es.

“Studi kami menunjukkan pemberian es kepada luka segera setelah cidera memar otot menunda pembengkakan, pembentukan pembuluh darah baru dan pembentukan otot baru berlangsung hingga empat minggu setelah kejadian cidera,” terang Ketua Peneliti Jonathan Peake, peneliti di Institut Kesehatan dan Inovasi Biomedis di Queensland University of Technology, Australia, seperti dilansir Prevention.com.

Hasil penelitian ini jelas bertolak belakang dengan teori yang sudah banyak dipercaya masyarakat bahwa mengurangi pembengkakan akan mempercepat penyembuhan. Padahal, pembengkakan pada luka dianggap berperan penting dalam proses penyembuhan cidera otot yang lebih cepat. Meskipun proses pemulihan juga membutuhkan waktu.

Penggunaan es pada luka cidera memang tidak salah, tetapi Peake mengusulkan agar kembali memikirkan cara penggunaan es dan anti biotik lain untuk mengelola memar setelah cidera otot. Es bisa digunakan tergantung pada tingkat keparahan yang dialami dalam jangka waktu yang relatif singkat, lalu diikuti dengan gerakan. “Mobilitas anggota tubuh akan membantu untuk merangsang aliran darah ke otot, yang akan membantu proses regenerasi,” kata Peake.

Sementara untuk cidera sejenis pembengkakan atau pergelangan kaki yang terkilir, dimana terjadi kerusakan ligamen, penggunaan es dianggap masih efektif.

Sumber : Prevention.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami