Kopi dapat Cegah Karyawan Berbohong
Sumber: www.ikurniawan.com

Career / 24 August 2015

Kalangan Sendiri

Kopi dapat Cegah Karyawan Berbohong

daniel.tanamal Official Writer
2355

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style>

Banyak yang belum mengetahui bahwa kopi punya khasiat lain yang lebih penting dari sekedar mencegah kantuk dan mengembalikan stamina. Ternyata kopi juga dapat mencegah seseorang untuk bohong. Sebuah riset yang dilakukan oleh Michael Christian dari University of Norh Carolina dan Prof. Aleksander Ellis dari University of Arizona memperlihatkan bahwa kopi memiliki potensi untuk bisa melawan tekanan sosial yang banyak dialami oleh para karyawan dan bisa menangkal kemungkinan seseorang (karyawan) untuk bertindak di luar aturan yang sudah ditetapkan.

Dalam penelitian yang meneliti tentang hubungan efek kurang tidur dengan asupan kafein ini melibatkan 229 responden dan semua responden merupakan mahasiswa. Responden dibagi 3 kelompok, kelompok pertama harus meminum kopi, kelompok kedua diminta menguyah permen kerat dan kelompok ketiga harus menahan kantuk selama semalam, tanpa mengunyah permen karet dan juga tanpa meminum kopi.

Hasilnya, dalam kelompok yang tidak tidur semalaman tanpa kopi sebagian besar melakuan kebohongan untuk bisa mendapat uang yang digunakan untuk menyelesaikan tugas kuliah. Lalu, dari 3 kelompok responden tersebut ditemukan yang mengonsumsi kopi ternyata lebih jujur dan patuh terhadap aturan untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah seseorang akan bekerja dengan baik saat stamina tubuh dalam keadaan prima dan juga tidak merasa mengantuk. Selain membuat seseorang menjadi lebih berbohong, mereka yang mengantuk dan lelah biasanya akan lebih cepat lengah dan karena itu mereka memiliki kemungkinan menjadi korban kecelakaan di jalan raya dan juga menjadi sering melanggar peraturan dengan melakuan kebohongan.



Sumber : duniaprofessional.com
Halaman :
1

Ikuti Kami