Peneliti Ungkap Misteri Kebahagiaan Pasangan Menikah

Peneliti Ungkap Misteri Kebahagiaan Pasangan Menikah

Theresia Karo Karo Official Writer
3811

Bahagia, kata yang satu ini pasti menjadi harapan bagi kebanyakan orang untuk menjalani kehidupan serta hubungannya. Namun bagaimana kita bisa tahu bahwa kita benar-benar bahagia dalam menjalani hubungan?

Membantu menjawab pertanyaan ini, para peneliti asal Kanada berusaha untuk mencari tahu misteri kebahagiaan dalam suatu hubungan. Melibatkan 14 wanita yang rata-rata berusia 72 tahun dan telah menikah selama 40 tahun sebagai responden, studi ini juga dibantu video berdurasi 10 detik.

Responden kemudian diberi kesempatan untuk menonton rekaman suami atau orang asing, yang menunjukkan peristiwa penuh emosi seperti bahagia atau sedih. Para ahli kemudian menganalisa pergerakan otak dari mereka yang menontonnya.

Selanjutnya, dari analisa pergerakan otak tersebut terungkap bahwa sang istri cenderung gembira saat melihat suaminya gembira. Pasalnya hal ini menunjukkan kepuasan dalam sebuah hubungan. Sehingga dapat dipastikan bahwa pasangan tersebut memang memiliki kehidupan pernikahan yang bahagia.

Meskipun begitu, perlu ditekankan lagi bahwa wanita yang terlibat dalam studi ini telah menikah dengan pasangannya selama lebih dari 10 tahun. Menurut para ahli, pengaruh kebahagiaan pasangan yang berbanding lurus pada kebahagiaan sendiri menjadi salah satu petunjuk dari hubungan pernikahan yang saling mengasihi dan bahagia.

Selain itu, penelitian yang telah dipublikasikan di Human Brain Mapping ini sekaligus menunjukkan bahwa, para wanita lebih merespon atau berempati emosi positif daripada negatif terhadap pasangannya.

“Kebanyakan dari kita berpikir untuk memilih pasangan yang dapat membantu kita memberikan solusi dalam permasalahan kita. Tentu saja itu adalah bagian dari hubungan yang baik. Namun ilmu pengetahuan lebih menunjukkan bahwa kita memilih pasangan yang dapat membuat kita merasa lebih baik,” ungkap dr Duana Welch, penulis buku Love Factually.



Sumber : Kompas/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami