Dongkrak Wisatawan, Pemerintah Siapkan Konsep Great Jakarta
Sumber: Jawaban.com

Nasional / 21 August 2015

Kalangan Sendiri

Dongkrak Wisatawan, Pemerintah Siapkan Konsep Great Jakarta

daniel.tanamal Official Writer
3922

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-ansi-language:EN-US; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyarankan agar DKI Jakarta untuk mencoba konsep “Great Jakarta” demi mendongkrak jumlah wisatawan. Konsep Great dalam pariwisata, berarti menjadikan salah satu wilayah sebagai hub atau pintu gerbang masuknya wisatawan dan mengarahkan wisatawan tersebut ke daerah-daerah di sekitarnya untuk mengembangkan pariwisata.

Jika Great Jakarta diterapkan, tak hanya Jakarta yang akan jadi fokus tujuan wisata, namun wilayah sekitarnya seperti Jawa Barat dan Banten. Jakarta pun nantinya jadi hub cities atau kota penghubung. "Hub cities di dunia selalu diuntungkan. Dubai, Singapura, Abudabi, Doha, Hong Kong, Bangkok, juga seperti itu. Misalnya kalau datang ke Jakarta dapat promosi Tanjung Lesung. Dari sisi promosi juga tidak mahal karena tidak promosi untuk setiap kota," kata Arief di Jakarta, Rabu (19/8).

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sendiri mengaku sudah lama mendengar konsep ini dari Kementerian Pariwisata. Saat ini, Dinas Pariwisata DKI dan Kemeneterian Pariwisata sedang menggodoknya.  "Kami sudah bersama. Kami susun bersama. Nanti orang yang databg ke Jakarta akan diarahkan ke Bogor, Banten, Bekasi, begitu," kata Ahok, sapaan akrab Basuki saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Rabu (19/8).

Untuk mendukung pariwisata DKI Jakarta, Kementerian Pariwisata memberikan dukungan sampai Rp 100 miliar untuk tahun 2015. Tahun depan, dana tersebut pun akan semakin bertambah seiring dengan jumlah target wisatawan. "Bangkok jumlah wisatawan 16 juta, Jakarta hanya 2,5 juta tahun ini, tahun depan 3 juta, tahun 2015 targetnya 5 juta wisatawan," kata Arief.

Seperti diketahui, DKI Jakarta adalah destinasi utama pariwisata di Indonesia dengan empat fokus pariwisata utama yaitu mencakup sektor wisata bisnis, wisata maritim, wisata kuliner, serta wisata seni dan budaya, sektor bisnis adalah yang utama.

 

Sumber : CNN Indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami