10 Cara Negosiasi yang Tepat dengan Pasangan (Bagian 1)
Sumber: Womansday.com

Marriage / 12 August 2015

Kalangan Sendiri

10 Cara Negosiasi yang Tepat dengan Pasangan (Bagian 1)

daniel.tanamal Official Writer
4299
Dalam menghadapi situasi dan kondisi apapun, kerjasama diantara pasangan suami istri sangat dibutuhkan untuk menemukan jalan keluar. Dalam proses itu tentunya ada negoisasi dari keduanya sebagai cara untuk menyelesaikan masalah ini. Berikut adalah 10 cara bagaimana cara negoisasi yang baik dan dapat dipraktekan dengan pasangan anda.
Jangan nego sambil bete. Ada saja orang yang ketika nego dengan pasangannya sambil memasang wajah cemberut, sebal dan bete. Tidak ada senyum, tidak ada rasa tenang, dan tidak ada sukacita. Bad mood! Dan sudah bisa ditebak, sesuatu yang dimulai dengan rasa tidak enak rata-rata berakhir dengan rasa tidak enak juga. Pasangan anda yang adalah lawan nego anda tentunya akan mulai merasa sama sekali tidak nyaman bahkan malas melanjutkan nego itu. Akibatnya, bukannya menyelesaikan masalah, malahan membuat masalah baru karena anda baru saja menyinggung dirinya.

Hormati pasangan nego anda. Ada yang memulai nego dan senyum dan good mood. Tapi lama-lama ketika pasangannya mulai mengatakan hal-hal yang tidak sesuai dengan pendapatnya, maka ia mulai menyela ditengah omongan pasangannya, mulai tidak menghargai opininya tanpa mau mendengar dan mengerti lebih lanjut, dan marah besar ditengah negosiasi tersebut. Akibatnya, saling menyakiti. Ada pasangan yang selalu melakukan pola seperti ini berulang kali. Begitu menyedihkan...

Ada waktu lain. Tidak semua masalah yang dinegosiasikan langsung selesai. Kadang anda dan pasangan menemui jalan buntu. Jika ya, jangan pernah putus asa. Berhenti dulu untuk waktu itu, dan segera usahakan waktu yang lain untuk kembali membahas masalah bersama-sama. Di masa depan, siapa tahu anda berdua bisa menyelesaikannya. Kadang anda bisa terkejut dengan hasil nego yang oke yang anda dapatkan dikemudian hari. Jangan gampang menyerah!

Lihat dari dua segi. Jika anda dan pasangan mau bernegosiasi. Sadari bahwa ia dan anda adalah dua pribadi yang berbeda dengan sudut pandang masalah yang berbeda pula. Ini adalah PR anda sebelum mulai nego. Anda harus mengira seperti apa jalan pikiran pasangan anda dalam berusaha menyelesaikan masalah. Dengan begitu, anda tidak akan begitu kaget dengan hal-hal apa saja yang nantinya akan keluar dari mulutnya.

Ingat tujuan. Ingatlah bahwa tujuan terakhir anda berdua ialah untuk mencari titik temu yang terbaik bukan untuk mencari pendapat siapa yang lebih baik. Dengan fokus pada tujuan, anda dan pasangan bisa sailng mempertimbangkan ide masing-masing dan meleburnya dengan apa yang anda miliki.


Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami