Seni Bernegosiasi Demi Kesuksesan Bisnis
Sumber: Startupbisnis.com

Entrepreneurship / 20 October 2014

Kalangan Sendiri

Seni Bernegosiasi Demi Kesuksesan Bisnis

Lori Official Writer
7623
Negosiasi adalah aktivitas yang umum dilakukan dalam setiap proses bisnis demi mencapai kesepakatan terbaik demi mencapai tujuan bersama yakni keuntungan bisnis. Maka dari itu sebuah perusahaan sangat membutuhkan seorang negosiator yang handal demi membangun kesuksesan bisnis.

Untuk mencapai keberhasilan dalam bernegosiasi, diperlukan cara yang tepat dan negosiator yang berpengalaman. Berikut seni negosiasi yang bisa kita coba:

Menjadi pembuka negosiasi

Salah satu trik cemerlang dalam bernegosiasi adalah menjadi pembuka dan pengendali negosiasi. Jika kita membiarkan pihak lain memulai negosiasi, kita akan terus memberikan kendali kepadanya. Cari tahu segala informasi tentang lawan negosiasi, ambil celah yang dapat Anda jadikan sebagai pintu mengendalikan negosiasi. Jangan takut menginterupsi jika Anda merasa pihak lain mencoba mengambil kendali.

Kenali apa yang menjadi nilai Anda

Pendiri Apple, Steve Jobs menyadari betapa pentingnya nilai yang ada dalam diri seseorang sebagai penentu hasil bisnis. Itu sebabnya Steve Jobs dikenal sebagai negosiator ulung. Ia pernah memenangkan negosiasi dengan sebuah penerbit. Dalam setiap negosiasi, negosiator dapat ebrada di posisi tawar kuat dan tawar lemah. Dengan itu, Steve Jobs sudah tahu kapan ia bisa menyerah pada harga yang ditawarkan, dan kapan membuat pihak klien menyerah terlebih dahulu dengan harga negosiasi yang ditawarkan.

Hindari kompromi

Ketika sedang bernegosiasi tentang harga, maka seorang negosiator diharuskan untuk tetap fokus dan konsisten pada satu tujuan akhir yakni memenangkan negosiasi. Dalam sebuah negosiasi, kita dituntut untuk membangun kepercayaan dan memenuhi kebutuhan klien atau konsumen. Tapi bukan berarti memberikan segalanya dengan jalan berkompromi.

Tetap tenang

Negosiator ulung tahu cara untuk tetap tenang, mengikuti jalannya perundingan dan aktif memberi solusi. Sementara lainnya sering kali melakukan negosiasi dengan jalan yang salah, yaki memaksakan tujuan dan tak mampu mengendalikan emosi. Kadang kala negosiasi akan diwarnai dengan ketegangan, namun sangat disarankan agar negosiator tetap tenang guna mencapai kesepakatan harga antar kedua belah pihak.

Memenangi negosiasi sesuatu dengan keinginan kita adalah tujuan dalam sebuah bisnis. Namun saat Anda masih tetap gagal menerapkan hal ini, teruslah berlatih karena negosiasi sangat penting untuk menentukan kesuksesan bisnis Anda. Selamat menjadi negosiator yang ulung untuk menjalankan bisnis Anda.

<!--[endif]-->--> Sumber : Ciputraentrepreneurship.com/Mediabisnisonline.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami