Jalan-jalan Ala Flashpacker, Ini Bedanya Dengan Backpacker
Sumber: www.b.dk

Travel / 10 August 2015

Kalangan Sendiri

Jalan-jalan Ala Flashpacker, Ini Bedanya Dengan Backpacker

Lori Official Writer
5062

Flashpacker adalah istilah bagi pecinta jalan-jalan yang baru muncul dalam beberapa tahun terakhir.  Flashpacker adalah cara berwisata yang setingkat lebih tinggi dari backpacker karena mereka pada umumnya lebih mementingkan kenyamanan dan kemewahan berlibur dibanding mempersoalkan biaya pengeluaran sepanjang liburan.

Akan tetapi, flashpacker tetap punya prinsip yang sama dengan backpacker, yaitu sama-sama suka mengeksplorasi dan mendalami suatu destinasi dengan sebaik-baiknya tanpa harus ikut dalam arus kebiasaan turis lain dan terjebak dalam waktu yang mengikat. Mereka adalah para pejalan yang selalu memilih apa yang mereka inginkan ketika bepergian, tanpa terikat oleh aturan, gengsi, status, paham, penampilan dan juga biaya.

Mereka biasanya akan lebih mengutamakan servis maksimal sepanjang liburan. Seperti memilih fasilitas terbaik dari penerbangan, kapal laut, kereta api, bus, mobil, sepeda motor dan juga penginapan.

Sebelum berlibur, flashpacker biasanya sudah terlebih dahulu menyusun jadwal dan agenda perjalanan sendiri dan tidak tergantung pada biro wisata atau tour travel. Tentu hal ini yang membuat mereka ahli dalam hal organisasi dan perencanaan sendiri; mengeplorasi tempat wisata secara rinci sesuai tujuan perjalanan; mementingkan kemudahan dan kenyamanan serta berusaha memanfaatkan waktu perjalanan dengan sebaik-baiknya.

Pada umumnya, flashpacker ini berasal dari kalangan penggemar jalan-jalan yang memiliki pekerjaan tetap dengan tingkat penghasilan yang memadai, tetapi memiliki waktu libur yang terbatas. Sehingga mendorong mereka untuk memanfaatkan waktu liburan sebaik-baiknya untuk mendapat perjalanan yang berkesan.

Menurut beberapa sumber, flashpacker dibagi menjadi 5 tipe yaitu:

1. The Greeky Flashpacker

Kaum Greeky terbilang unik, karena mereka adalah pejalan yang tidak akan pernah lupa menenteng setas penuh gadget (alat elektronik, red) seperti handphone, blackberry, mp3 player, kamera, laptop sampai technogeek.

2. The Minted Flashpacker

Kelompok yang satu ini adalah flashpacker yang mengutamakan kenyamanan bepergian di atas segala-galanya dan tidak pernah ragu menghabiskan biaya sebesar apa pun itu demi mendapat kenyamanan dan kemudahan selama berlibur.

Flashpacker akan memilih kamar sendiri meski dengan harga yang mahal dibanding dengan harus tidur satu kamar dengan pelancong lain. Atau mereka akan jauh lebih memilih naik pesawat dengan menghabiskan waktu 2-3 jam daripada naik kereta api dengan menghabiskan waktu 5 jam perjalanan. Ya, kemewahan adalah kenikmatan yang patut dinikmati.

3. The Savvy Flashpacker

Berbeda pula dengan tipe Flashpacker yang satu ini, dimana lebih mementingkan pengalaman dan tujuan perjalanan. Mereka juga bernyali besar saat hendak mencoba pengalaman baru yang diinginkan tanpa harus terjebak pada aturan, waktu, status dan identitas kelompok. Tipe ini berprinsip bahwa waktu bisa diatur, dana bisa diusahakan, tetapi tujuan dan pengalaman tidak bisa ditawar.

4. The Minted Geek

Perpaduan antara The Minted dan The Geekly ini adalah tipe flashpacker yang suka menenteng gadget besar-besar dan mengutamakan kenyamanan serta kemudahan dalam liburannya.

5. The Savvy Geek

 Tipe ini adalah perpaduan dari mereka yang berorintasi pada perburuan tujuan dan pengalaman perjalanan dan para penenteng gadget. Setiap momen menjadi kenangan yang harus diabadikan dengan beraneka ragam gadget tercanggih yang mereka punya.

Akan tetapi jenis pejalan apa pun Anda, hal yang harus tetap diperhatikan saat harus bepergian adalah tetap membekali diri dengan beragam hal ini, seperti:

- Informasi yang cukup tentang tempat tujuan perjalanan. Bila perlu sediakan catatan mengenai jadwal dan jenis transportasi yang biasa digunakan di daerah tersebut.

- Peta lokasi tujuan perjalanan yang biasanya bisa didapatkan lewat GPS atau Maps yang sudah tersedia di ponsel pintar saat ini.

- Memperlengkapi diri dengan komunikasi yang baik. Bila perlu belajar bahasa daerah setempat atau gunakan jasa guide yang bisa menolong Anda.

Selamat berlibur dan selamat memilih cara perjalanan yang Anda suka!

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami