ISIS Culik Puluhan Warga Kristen Suriah di Al-Qaryatain
Sumber: AGENCE FRANCE by Presse-Getty Image

Internasional / 9 August 2015

Kalangan Sendiri

ISIS Culik Puluhan Warga Kristen Suriah di Al-Qaryatain

Theresia Karo Karo Official Writer
5268

Kelompok teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) kembali menculik ratusan warga sipil, termasuk puluhan warga Kristen Suriah. Sasarannya, kali ini adalah Kota Al-Qaryatain. 

Laporan oleh Lembaga Pemantau HAM Suriah pada hari Jumat (7/8), menyebutkan bahwa penyanderaan ini dilakukan setelah ISIS berhasil menguasai kota tersebut pada Rabu (5/8) malam lalu. 

"ISIS menyandera 230 orang dalam penyerbuan ke kota Al-Qaryatain,” kata Direktur Lembaga Pemantau HAM Suriah, Rami Abdel Rahman. 

Dirinya juga mengungkapkan bahwa sekitar 60 orang yang disandera itu, adalah warga pemeluk Kristen yang sedang mencari perlindungan di kota tersebut setelah kabur dari provinsi Aleppo. 

"Warga yang disandera ISIS itu dianggap sebagai kolaborator Pemerintah Suriah dan nama mereka ada di dalam daftar yang dipegang ISIS saat menyerbu kota itu,” terang Rami. 

Kota Al-Qaryatain sebelumnya ditempati oleh 18.000 penduduk yang terdiri dari umat Muslim Sunni dan 2.000-an umat Kristen Suriah dan Ortodoks. Setelah perang saudara berkepanjangan, populasi warga Kristen kian menyusut dan diperkirakan hanya tersisa sekitar 300 orang. 


Sumber : Kompas/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami