Blue Moon Akan Menerangi Langit Malam Ini, Apa Keistimewaannya?

Blue Moon Akan Menerangi Langit Malam Ini, Apa Keistimewaannya?

Puji Astuti Official Writer
4079

Menurut perkiraan badan antariksa Amerika NASA, Blue Moon akan muncul Jumat malam (31/7/2015) ini. Blue Moon ini akan menjadi bulan purnama kedua dalam bulan ini, pada dasarnya dalam satu tahun hanya ada 12 kali bulan purnama, namun menurut berita yang dirilis oleh abcnews.go.com, tahun 2015 ini berbeda karena mengalami 13 kali bulan purnama. 

Walau dinamakan Blue Moon, ternyata penampakan bulan purnama tersebut jarang sekali berwarna biru, namun hanya abu-abu pucat dan putih, hampir sama seperti bulan purnama biasa. Bahkan diperkirakan pada bulan purnama kali ini warnanya agak memerah. 

"Seringkali ketika Bulan muncul agak rendah, akan terlihat merah alasan yang sama kenapa matahari tenggelam berwarna agak memerah," demikian penjelasan NASA. "Atmosfere di penuhi aerosol lebih sedikit dari saat terjadinya letusan gunung berapi. Aerosol ini menyebabkan langit berwarna biru dan meninggalkan warna merah dibelakangnya. 

Menurut catatan sejarah, salah satu peristiwa bulan tampak benar-benar berwarna biru adalah saat meletusnya Gunung Krakatau di tahun 1883. Setelah gunung Krakatau meletus dengan kekuatan 100 megaton bom nuklir,langit tertutup oleh abu vulkanis yang menyebabkan matahari menjadi merah dan bulan berwarna biru. 

Peristiwa munculnya Blue Moon adalah pada September 1950, terlihat dari Edinburgh, Skotlandia. Astronomer Robert Wilson dari Royal Obsevatory meneliti peristiwa itu dan menyimpulkan bahwa bulan berwarna biru karena satelit bumi tersebut bergerak melewati kumpulan awan yang mengandung asap dan debu akibat terjadinya kebakaran hutan di Alberta,Kanada.

Jika Anda ingin melihat penampakan bulan biru ini maka hari ini adalah saat yang tepat, karena diperkirakan bulan ini tidak akan terlihat lagi hingga Januari 2018. Jadi bisa dipastikan bahwa hari ini adalah kesempatan langka untuk menyaksikan penampakan Blue Moon. 

Sumber : CNN | ABC News | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami